by

Wujudkan Kemerdekaan Finansial dengan Menerapkan Cara Kelola Keuangan Berikut Ini

Cara mengelola keuangan yang baik dan tepat merupakan sebuah peta jalan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mencapai kemerdekaan finansial.


Karibkerabat.com – Kemerdekaan finansial menjadi impian setiap orang, terlebih bagi generasi muda yang saat ini mungkin sedang membangun karir, baru lulus kuliah, ataupun masih duduk di bangku kuliah.

Memiliki cita-cita merdeka secara finansial di masa yang akan datang tentu jadi modal yang baik untuk mewujudkannya. Namun, perlu ada strategi yang matang dan tepat untuk mewujudkannya, salah satunya ialah menerapkan cara mengelola uang dengan tepat dan benar.

Setiap orang tentunya memiliki ketepatannya sendiri dalam mengelola keuangan. Hal ini disesuaikan dengan kondisi latar belakang kepribadian, kebutuhan, dan gaya hidupnya masing-masing yang jelas berbeda.

Cara Mengelola Keuangan yang Baik dan Benar

Cara Mengelola Keuangan yang Baik

Merdeka secara finansial pada dasarnya bukanlah perkara yang mudah, namun setiap orang mampu mewujudkannya dengan catatan disiplin dan mampu mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Seringnya kita dihadapkan dengan berbagai kebutuhan dan pengeluaran, yang mana kedua hal tersebut memerlukan adanya pengelolaan keuangan yang baik untuk mengaturnya. Jika tidak, keinginan untuk merdeka secara finansial hanya akan menjadi angan-angan semata.

Berikut adalah 7 cara mengelola keuangan yang baik dan benar untuk mewujudkan kemerdekaan finansial.

1. Membuat Anggaran Keuangan

Cara mengelola keuangan yang pertama ialah dengan membuat anggaran keuangan. Anggaran keuangan ini dapat kamu jadikan sebagai acuan dalam melakukan perhitungan keuanganmu, mulai dari pemasukan, pengeluaran, hingga kebutuhan untuk investasi dan akses layanan kesehatan.

Selain itu, dengan membuat rencana anggaran keuangan kamu dapat menentukan aspek apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan. Hal ini berguna agar setiap pengeluaran yang kamu keluarkan tetap sesuai dengan apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan.

Baca Juga: Tips Hemat Uang Belanja Bulanan

2. Mulai Belajar untuk Menabung

Menabung hingga saat ini merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang baik dan terbukti ampuh. Terlebih jika saat ini kamu sedang mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih baik.

Disamping itu, menabung bukanlah perkara yang ringan dan mudah dilakukan begitu saja. Bagi kamu yang belum terbiasa, terkadang harus dihadapkan dengan kegalauan karena harus banyak yang dikorbankan.

Untuk meraih kemerdekaan finansial, mulailah belajar menabung dari jumlah yang terkecil terlebih dahulu. Kemudian, dukung hal tersebut dengan secara perlahan mengubah gaya hidupmu.

3. Hindari Berutang

Dalam kondisi apapun, berutang bukanlah sebuah solusi yang tepat bagi kamu yang sedang berjuang untuk mencapai kemerdekaan finansial. Jika tidak dalam kondisi yang benar-benar darurat sebisa meungkin hindari untuk berutang, adapun untuk menyiasati hal ini kamu dapat mencoba untuk membuat anggaran dana darurat.

Untuk mencapai kemerdekaan finansial dan mampu mengelola keuangan dengan baik, mulai saat ini tanamkan dalam diri agar berupaya untuk tidak berutang sedikitpun. Selanjutnya, kamu juga dapat mencoba untuk membayar semua utang yang kamu miliki.

4. Alokasikan Dana Darurat

Dana darurat adalah anggaran dana yang penting untuk mengantisipasi keadaan darurat atau urgen sehingga tidak mempengaruhi kondisi finansialmu. Dana darurat menjadi penting untuk kamu miliki sebab ada banyak kejadian mungkin di depan yang tidak dapat kita prediksi, dan untuk mengatasinya kita memerlukan dana darurat.

Dilain sisi, dana darurat juga menjadi salah satu penangkal yang dapat kamu terapkan agar tidak berutang saat kamu terjebak dalam kondisi yang darurat. Jadi, mulai saat ini kamu dapat memulai untuk menerapkan dana darurat sebagai salah satu cara mengelola keuanganmu.

Baca Juga: Berapa Jumlah Dana Darurat yang Ideal?

5. Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukan

Pengeluaran dan pemasukan penting untuk kamu catat secara rinci baik setiap hari maupun setiap bulan. Hal ini berguna agar kamu bisa mulai mengeliminasi pengeluaran yang tidak diperlukan untuk kemudian hari.

Kemudian, dengan melakukan eliminasi terhadap beberapa pengeluaran yang dirasa tidak perlu, kamu dapat dengan mudah untuk menyisihkan lebih dana tabungan atau investasi. Semakin besar dana tabungan dan investasi yang kamu sisihkan setiap bulannya, maka hal itu akan memudahkanmu untuk merealisasikan masa depan yang lebih baik.

6. Terapkan Skala Prioritas Keuangan

Skala prioritas penting untuk kamu terapkan agar mampu mengelola keuangan dengan baik dan benar. Hal ini dapat memudahkanmu dalam memisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

Selanjutnya, dalam menerapkan skala prioritas keuangan, kamu dapat menambahkan skala prioritas berdasarkan jangkauan waktu. Dalam hal ini kamu dapat membagi-bagi anggaran kamu sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, bulanan, hingga masa depan yang lebih panjang lagi.

Dengan mempersiapkan anggaran jangka panjang dalam skala prioritas keuanganmu, kamu dapat memiliki kesempatan yang lebih besar dalam memiliki rasa aman serta independent dalam aspek finansial di masa depan.

7. Mulai berinvestasi

Investasi juga memiliki peran yang cukup penting dalam mewujudkan kondisi finansial yang sehat dan kuat. Caranya ialah dengan mengalokasikan dan ke dalam sebuah instrument investasi dan kemudian seiring berjalannya waktu, keuntungan perlahan akan kamu dapatkan.

Dalam mengelola keuangan pastikan ada alokasi anggaran untuk investasi, berapapun itu. Sebab, investasi menjadi penunjang finansial yang sehat yang mana dengan kondisi tersebut kamu akan dengan mudah merealisasikan kehidupan ideal di masa depan tanpa rasa khawatir.

Demikianlah beberapa cara mengelola keuangan dengan baik dan benar yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping mengelola keuangan dengan baik dan benar, kamu juga dapat mengeluarkan hak orang lain yang ada dalam harta milikmu dengan menunaikan sedekah dan zakat jika telah mencapai haul dan nisab zakat. Kamu dapat menunaikan sedekah dan zakat terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan mengakses tautan ini.

Comment

Leave a Reply