by

Wakaf Kini Menjadi Bagian Dari Gaya Hidup, Kamu Sudah?

KaribKerabat.com – Kesadaran umat muslim berwakaf di Yayasan Rahmatan Lil Alamin kini sudah terlihat meski belum signifikan.

Wakaf tidak lagi didominasi orang-orang berpunya saja melainkan setiap orang baik tua, muda dari segala tingkatan ekonomi bisa berwakaf.

Ibnu Majah mengatakan, siapa saja yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.

Wakaf di Yayasan anak yatim di Jakarta.
Yuk jadikan wakaf sebagai gaya hidup masa kini.

Sebagian ulama menafsirkan hadits tersebut secara tekstual. Yakni barang siapa yang membangun masjid dengan menambah bagian kecil saja yang dibutuhkan maka pahalanya akan terus mengalir selama masjid itu digunakan untuk beribadah.

Ini berarti kita sangat bisa menjadikan wakaf sebagai gaya hidup meskipun tidak memiliki harta berlebih.

Wakaf pertanian di Karawang.
Petani menanam padi di Wakaf lahan pertanian di Karawang

Yayasan Rahmatan Lil Alamin menawaran berbagai program wakaf yang dapat kita pilih sebagai gaya hidup, diantaranya :

  1. WAKAF ASRAMA YATIM

Berupa program pembebasan tanah dan bangunan untuk pusat pendidikan dan pembinaan anak-anak yatim  dhuafa dalam satu area terpadu.

Rumah Tahfidz al Faruq Bekasi.
Rumah Tahfidz Al Faruq merupakan salah satu program wakaf sarana pendidikan bagi yatim di Bekasi
  • WAKAF AIR BERSIH

Program Yayasan berupa pengadaan sarana dan prasarana air bersih guna keperluan MCK sehari-hari untuk daerah yang kekurangan ataupun kesesulitan air bersih.

  • WAKAF HEWAN TERNAK

Berupa gerakan menabung bagi yang ingin berqurban tahun depan di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan cara menyisihkan dana setiap bulannya di rekening yayasan.

  • WAKAF KENDARAAN

Berupa pengadaan kendaraan untuk operasional yatim dan yayasan hingga kepelosok daerah agar menjangkau lebih banyak penerima manfaat wakaf.

  • WAKAF PERTANIAN

Proram berupa pembebasan lahan untuk dipergunakan untuk pertanian yang hasilnya digunakan untuk konsumsi yatim dan dhuafa disekitar lahan maupun anak yatim piatu dan dhuafa binaan.

Ingatlah, wakaf merupakan sedekah jariyah yang dapat terus mengalirkan pahala kebaikan untuk kita sekalipun kita sudah meninggal.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih” (HR. Muslim no. 1631)

Dikatakan Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan, “Hadits ini menjadi dalil akan sahnya wakaf dan pahalanya yang yang besar di sisi Allah. Di mana wakaf tersebut tetap manfaatnya dan tetap langgeng pahalanya.

Wakaf Al Qurán bagi yatim di yayasan rahmatan lil alamin Jakarta.
Yatim Rahmatan menerima wakaf Al Qurán dari donatur.

Contoh, wakaf aktiva tanah seperti tanah, kitab, dan mushaf yang terus dapat dimanfaatkan faedahnya. Selama benda-benda wakaf itu tadi ada, lalu dimanfaatkan untuk kemaslahatan, maka akan terus mengalir pahalanya ke seorang hamba yang berwakaf.” (Minhah Al-‘Allam, 7: 11)

Jika kita memulai wakaf sebagai gaya hidup pribadi, insya Allah kita akan lebih mudah mempengaruhi orang lain agar mengikuti langkah baik yang dilakukan.

Yuk jadikan diri kita menjadi sahabat rahmatan lil alamin dan menjadikan wakaf sebagai gaya hidup kita.

Comment

Leave a Reply

News Feed