Cocok untuk Gen Z, 7 Pekerjaan Ini Disebut Cukup Menjanjikan di Masa Depan

Sosial21 Views

Karibkerabat.com – Perkembangan teknologi yang cukup pesat dan pasar kerja yang terus berubah, mungkin menjadi kesulitan tersendiri dalam memilih karir yang tepat dan mampu relevan sampai masa yang akan dating. Artikel ini mengulas beberapa karir yang cukup menjanjikan di masa depan, terutama bagi Gen Z yang saat ini Sebagian besar sedang merintis karir impiannya.

Menghadapi situasi yang ada saat ini, penting untuk tetap unggul dan memilih karir yang tidak hanya memberikan stabilitas saja melainkan juga menawarkan peluang untuk berkembang. Di satu sisi, era digital yang serba cepat ini menghadirkan banyak pekerjaan baru yang muncul dan tentunya cukup menjanjikan.

Gen Z sebagai generasi yang sejak kecil sudah terbiasa dengan teknologi memiliki keuntungan tersendiri. Hal ini juga menjadi modal besar untuk berkarir dalam berbagai bidang pekerjaan selama ada kemauan untuk berkemban dan mengeksplorasi kemampuan diri.

Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang menjanjikan di masa depan dikutip dari berbagai sumber. Nah, sebelum disebutkan apa saja jenis pekerjaannya, perlu diketahui bahwa seluruh pekerjaan di Bawah ini tidak hanya butuh skill teknis saja, melainkan harus memiliki kemampuan soft skill seperti kemampuan komunikasi, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah serta mencari solusi. 

Content Creator

Sebagai generasi yang sudah terjamah oleh teknologi sedari kecil, Gen Z tentunya sudah tidak asing dengan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dan Youtube. Sebagai sarana hiburan, Anda dapat menjadikan platform media sosial tersebut sebagai tempat untuk menyalurkan hobi dan sumber penghasilan dengan menjadi content creator.

Menjadi content creator adalah salah satu pekerjaan menjanjikan yang dapat diambil oleh Gen Z. Untuk memulainya, kamu dapat mengelola hal-hal yang disukai menjadi sebuah konten yang menarik seperti membaca, menulis, olahraga, memasak dan lain sebagainya.

Adapun skill teknis yang harus dimiliki dan dikembangkan sebagai content creator antara lain mengedit gambar atau video, mengelola media sosial, dan memahami konsep dasar desain grafis.

Data Scientist

Bagi kamu yang suka dengan angka dan data, Data Scientist adalah pekerjaan yang menjanjikan untuk dipilih. Dengan banyaknya data yang dihasilkan saat ini, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang dengan kemampuan pengelolaan data untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan penting, termasuk yang berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa perusahaan.

Untuk jadi seorang data scientist, skill teknis yang harus kamu miliki antara lain statistic, penambangan data, pembelajaran mesin, dan pemrograman (misalnya Python). 

Digital Marketing

Perkembangan teknologi menjadikan bisnis memiliki ketergantungan dalam penggunaan platform digital untuk menjangkau pasar mereka. Hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi kamu untuk membangun karir sebagai Digital Marketer, terlebih bagi siapa saja yang suka main media sosial dan memiliki jiwa bisnis.

Digital Marketer dalam perusahaan memiliki peran penting dalam menciptakan dan menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif, termasuk didalamnya social media marketing, optimasi mesin pencari (SEO), dan konten pemasaran.

Skill yang harus kamu kuasai dan terus kembangkan dalam bidang ini diantaranya pemasaran media sosial, SEO, pemasaran konten, pemasaran email, iklan berbayar, analisa data, system manajemen konten (CMS), serta platform analitik website.

Cybersecurity

Disrupsi telah mengantarkan ketergantungan perusahaan dan instansi terhadap penggunaan teknologi. Hal ini juga beriringan dengan meningkatnya ancaman serangan siber terhadap data dan aset digital yang dimiliki oleh perusahaan.

Dengan meningkatnya kedua hal tersebut, cyber security menjadi profesi yang cukup menjanjikan untuk dijajal. Cyber security memiliki peran untuk melindungi sistem dan data perusahaan atau instansi dari akses yang tidak sah dan serangan siber lainnya.

Keterampilan seorang cyber security antara lain keamanan jaringan,kriptografi, sistem operasi, dan pemrograman.

Software Developer

Software developer atau pengembang perangkat lunak menjadi profesi yang paling menjanjikan dalam beberapa tahun ke depan. Mengutip dari Hotcourses, riset US News mengungkapkan bahwa pekerjaan ini diproyeksikan mengalami pertumbuhan sebesar 26% pada kurun Waktu 2021 hingga 2031.

Dalam dunia kerja, software developer berperan sebagai perancang, pengembang, dan memelihara aplikasi perangkat lunak. Bidang ini disebut menawarkan prospek yang menguntungkan dalam era teknologi saat ini. Skill teknis yang harus dimiliki oleh seorang cyber security diantaranya bahasa pemrograman ( Seperti Python, Java, C++), metodologi pengembangan perangkat lunak (misalnya, agile), problem solving, dan critical thinking.

Financial Analyst

Financial Analyst atau analis keuangan disebut juga sebagai profesi yang menjanjikan di masa depan. Bidang ini merupakan salah satu profesi terbaik dalam karir di bidang keuangan. Dalam dunia kerja, Financial Analyst memiliki peran untuk membantu bisnis dalam membuat keputusan keuangan yang tepat dengan menganalisis data dan tren keuangan. Peran tersebut merupakan peran yang penting dalam organisasi manapun, tak heran jika bidang ini memiliki permintaan yang tinggi.

Skill yang harus dimiliki dan terus dikembangkan bagi kamu yang ingin terjun dalam bidang ini antara lain pemodelan keuangan, penelitian investasi, dan akuntansi. Tentunya, bidang ini masih cocok dan relevan bagi Gen Z.

Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan

Di era perkembangan teknologi, industri Kesehatan terus mengalami perkembangan yang pesat dengan penerapan teknologi di dalamnya. Di samping itu, permintaan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan Kesehatan juga terus mengalami peningkatan . 

Hal ini menjadikan profesi tenaga medis dan tenaga Kesehatan sebagai bidang yang menjanjikan. Untuk terjun dalam bidang ini, kamu memerlukan keahlian khusus dalam bidang medis dan keperawatan yang dapat diakses melalui pendidikan yang sesuai dengan jurusan tersebut.
Demikianlah ulasan mengenai pekerjaan yang menjanjikan di masa depan dan cocok untuk Gen Z. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan, cari tahu yuk cara mendapatkan uang dari konten Reels Facebook dalam artikel ini: 3 Cara Mendapatkan Uang dari Kontens Reels Facebook

Referensi:

Hotcourses Indonesia. Career Outlook: 10 Prediksi Peluang Kerja yang Menjanjikan di Masa Depan Tahun 2031. Diakses pada 18 September 2024 dari https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/careers-prospects/10-pekerjaan-top-di-masa-depan/.
Careervira, Medium. 11 Best Careers for the Future 2024 Edition: Expert Recommendations. Diakses pada 18 September 2024 dari https://medium.com/@careervira.community/11-best-careers-for-the-future-2024-edition-expert-recommendations-38aeb0454494
Satu Persen. 5 Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan, Cocok Buat Gen Z. Diakses pada 18 September 2024 dari https://satupersen.net/blog/5-pekerjaan-yang-menjanjikan-di-masa-depan-cocok-buat-gen-z/