by

Simak Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing Berikut Ini

Karibkerabat.com – Cara membedakan daging sapi dan daging kambing diperlukan bagi kamu yang belum bisa membedakan keduanya menjelang Idul Adha yang sebentar lagi. Sebab, tidak sedikit yang hanya menyukai salah satu diantara keduanya.

Pada hari raya Idul Adha, umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan ternak yang terdiri dari dapi dan kambing yang kemudian dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitarnya.

Namun demikian, tidak sedikit orang yang masih bingung untuk membedakan antara daging sapi dan daging kambing karena mungkin daging sudah di potong-potong yang menjadikannya terlihat sama.

Pada dasarnya, perbedaan daging sapi dan daging kambing dapat dilihat dari karakteristiknya yang mudah dikenali. Nah, agar kamu lebih bisa membedakan antara daging sapi dan daging kambing simak penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Membedakan Daging Kambing dan Daging Sapi

Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing
Foto: Pixabay

Daging sapi dan kambing sebagai sumber protein hewan yang bermanfaat bagi tubuh cukup popuker dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kedua jenis daging ini biasanya diolah untuk dijadikan menu makanan lezat seperti sate, rendang, tongseng, ataupun gulai.

Nah bagi kamu yang hanya menyukai salah satu dari keduanya misalkan hanya suka daging kambing saja atau hanya suka daging sapi saja, berikut adalah cara membedakan daging sapi dan daging kambing yang perlu kamu ketahui.

1. Bedakan Aromanya

Aroma daging sapi dan kambing tentunya memiliki perbedaan sehingga kamu dapat mencium aromanya untuk membedakan antara keduanya. Dalam hal ini, daging kambing memiliki aroma yang lebih menyengat dibandingkan dengan sapi.

Aroma daging sai sendiri tidak begitu mencolok dan tidak terlalu amis, baunya dapat dengan mudah hilang saat sudah dimasak. Sementara aroma daging kambing biasanya memiliki aroma yang kuat bahkan setelah dimasak sekalipun.

2. Perhatikan Warnanya

Selanjutnya, perhatikan warna daging sapi dan daging kambing, nah meskipun keduanya terlihat merah, namun pada daging kambing warnaya lebih merah cerah dan daging sapi cenderung merah pucat.

Selanjutnya, jika daging tersebut sudah terpapar udara, warna daging kambing menjadi pucat keunguan sedangkan daging sapi berubah warnanya menjadi cokelat gelap.

3. Mengenali Teksturnya

Meskipun terlihat sama, daging sapi dan daging kambing tentunya memiliki tekstur yang berbeda.Jadi untuk membedakannya kamu dapat mengenali tekstur keduanya terlebih dahulu.

Adapun tekstur daging sapi cenderung halus dan lembut saat dipegang. Sedangkan daging kambing teksturnya lebih terasa kasar. Kemudian, tekstur daging sapi juga cukup kerasa sehingga lemaknya padat dibandingkan dengan kambing yang gumplan lemaknya terkumpul pada salah satu bagian tertentu saja.

4. Perhatikan Serat Keduanya

Hal lain yang dapat kamu gunakan untuk membedakan daging sapi dan daging kambing ialah dengan memerhatikan seratnya. Daging sapi memiliki serat yang lebih kecil dan tak terlihat akan tetapi jumlahnya banyak. Sedangkan daging kambing, seratnya cenderung lebih tebal dan rapat.

5. Perhatikan Cita Rasanya

Daging sapi dan kambing juga memiliki perbedaan cita rasa. Kambing memiliki rasa yang lebih gurih dibanding sapi disertai dengan baunya yang khas. Sedangkan daging sapu tidak mengeluarkan bau yang khas seperti halnya daging kambing.

Baca Juga: Daftar Harga Daging Sapi Qurban 2022

Demikianlah cara membedakan antara daging sapi dan daging kambing yang dapat kamu terapkan jika pada hari raya mendapatkan daging qurban dari saudara atau tetangga. Adapun bagi kamu yang niat berqurban tahun ini dapat berqurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur melalui platform layanan qurban online qurbanku.id.

Comment

Leave a Reply