by

Empat Masalah yang Sering Terjadi dalam Bisnis dan Solusinya

Karibkerabat.com, Masalah yang Sering Terjadi dalam Bisnis – Menjadi seorang pebisnis yang sukses menjadi impian setiap orang yang memilih untuk terjun dalam berbagai bidang bisnis yang digelutinya.

Disadari atau tidak, saat terjun dalam bisnis seseorang akan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang harus dilaluinya dengan cermat dan tepat.

Hal itu dikarenakan bisnis tidak selamanya berjalan mulus, artinya disaat memutuskan terjun dalam bisnis seseorang akan dihadapkan dengan berbagai masalah dalam bisnisnya.

Kemudian, apa saja sih masalah dalam bisnis yang sering ditemui?

Dilansir dari ilmu keuangan berikut adalah beberapa masalah bisnis yang sering terjadi dan solusi dalam mengatasinya.

1. Sulit melacak keuntungan dan kerugian

Masalah yang sering terjadi dalam bisnis
Pentingnya memahami performa bisnis. (Foto: Pixabay)

Kesulitan dalam mengukur performa bisnis merupakan salah satu masalah bisnis yang sering ditemui. Dalam kasus ini, seorang pebisnis tidak mengetahui apakah untung atau rugi.

Salah satu hal utama yang menjadikan seseorang sulit menghitung untung atau rugi dalam bisnisnya karena ia tak bisa memisahkan uang bisnis dan uang pribadinya.

Dalam konisi yang lebih buruknya, uang bisnis tersebut bisa jadi habis digunakan untuk keperluan pribadi sehingga pebisnis tak mampu menutup dana belanja atau membayar operasional usahanya.

Kondisi paling parah dari kasus ini ialah gulung tikarnya bisnis yang sedang dijalani seseorang.

Jika kamu mengalami hal seperti itu, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa solusi berikut ini

– Melakukan pemisahan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis sehingga dapat memudahkanmu dalam melihat dan menganalisa apakah bisnismu untung atau rugi.

– Menggunakan sistem POS untuk mempermudah proses bisnis dan mempermudah dalam melihat kondisi keuangan bisnismu.

– Membuat laporan keuangan lengkap mulai dari neraca, arus kas, perubahan modal, laba-rugi, pembelian-penjualan, hingga laporan stok barang keseluruhan.

2. Tidak memiliki mentor

Masalah yang sering terjadi dalam bisnis
Mentor jadi bagian terpenting dalam proses bisnis. (Foto: Pixabay)

Perjalanan bisnis seseorang terkadang tersendat karena tidak adanya mentor. Memiliki mentor dalam bisnis memungkinkanmu untuk berdiskusi ataupun berkonsultasi tentang bisnis yang sedang kamu jalani saat ini.

Memiliki mentor dan memilih mentor yang tepat dapat menjadikan bisnismu lebih cepat berkembang dan maju.

Sebaliknya, tidak memiliki mentor dapat menjadi salah satu sebab kegagalan bisnis seseorang. Tentunya kamu tidak menginginkan hal itu terjadi bukan?

Solusi yang dapat kamu lakukan untuk memiliki mentor ialah mencari mentor yang telah terjun dan sukses dalam bisnis tertentu atau mencari buku yang relevan dengan bisnismu.

3. Kurangnya strategi pemasaran

Masalah yang sering terjadi dalam bisnis
Pentingnya strategi pemasaran dalam bisnis. (Foto: Pixabay)

Terlihat sederhana, kurangnya strategi pemasaran menjadi salah satu perkara yang mendatangkan banyak masalah dalam bisnis.

Hal dikarenakan kurangnya strategi penjualan akan berdampak pada penjualanmu, sebagus apapun brand-mu jika strategi pemasarannya kurang, maka calon pelanggan tidak akan mengetahui keberadaan bisnismu.

Solusi dalam mengatasi kurangnya strategi pemasaran dapat dihadapi dengan memperbanyak referensi dan membuat perencanaan sebelum melakukan pemasaran. Hal tersebut dapat membantumu untuk menjual produk pada orang yang tepat.

4. Pencatatan transaksi yang konvensional

Masalah yang sering terjadi dalam bisnis
Sudah saatnya menggunakan teknologi yang canggih dalam melakukan pembukuan. (Foto: Pixabay)

Ditengah era pesatnya kemajuan teknologi seperti saat ini, pencatatan transaksi secara konvensional bukanlah cara yang relevan untuk melakukan pembukuan atas bisnismu.

Pembukuan dengan cara yang konvensional dapat membuang waktu cukup lama dan rentan dengan kesalahan, tentunya saat terjadi kesalahan kamu akan mengalami kesulitan untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Langkah Tepat Mengubah Followers Jadi Konsumen

Jika kamu masih melakukan hal seperti itu, sudah selayaknya kamu beralih ke pembukuan yang menggunakan teknologi yang sudah ada seperti halnya excel ataupun sistem POS. Salah satu keuntungan dari sistem pos ia dapat menjadi kasir elektronik dan dapat menyusun laporan keuangan sendiri.

Itulah beberapa masalah yang biasanya sering terjadi dalam perjalanan bisnis seseorang. Pada dasarnya, seberat apapun masalah bisnis yang kamu hadapi, jika kamu tekun dan mampu bersabar dapat diselesaikan dengan baik.

Comment

Leave a Reply

News Feed