by

Ini Makanan Praktis dan Sehat Saat Banjir

Karibkerabat.com – Hujan deras ektrem membuat Jabodetabek dan sejumlah daerah di Indonesia mengalami banjir. Dalam kondisi seperti ini, tubuh harus tetap sehat dan fit, salah satunya perut tak boleh dibiarkan kosong.

Tak jarang banyak korban berjatuhan karena kurangnya asupan makanan yang di terima. Banyaknya posko bantuan dan tempat-tempat pengusian dapat menjadi alternatif mendapat makanan yang memadai selama banjir.

Kondisi bencana banjir saat ini, tubuh tetap butuh kalori, nutrisi, serta serat. Hal itu perlu dikonsumsi agar tetap sehat dan bugar.

Namun jika kondisi rumah terlalu jauh dengan tempat pengungsian dan posko-posko kesehatan, dan tidak memungkinkan untuk pindah, bahan makanan berikut bisa manjadi bahan makanan praktis saat banjir.

Biskuit
Biskuit mengandung lemak tinggi dan serat, salah satu makanan praktis saat banjir.

Apa saja makanan praktis dan tak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan praktis yang dapat disajikan saat banjir.

1. Bubur

Bubur bisa jadi makanan tepat saat banjir dan jadi makanan terbaik saat pagi. Selain dapat dikonsumsi semua kalangan dan mudah di cerna, bubur memiliki banyak manfaat untuk tubuh yaitu dapat meningkatkan energi dan dapat menurunkan berat badan.

2. Telur

Dalam keadaan mendesak, telur rebus atau telor goreng bisa menjadi makanan saat perut kosong. Dilansir dari Hello Sehat, selain sebagai sumber protein, telur juga mempunyai banyak kandungan gizi yang sangat diperlukan tubuh.

Sebutir telur mengandung vitamin A, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, , vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

3. Biskuit

Biskuit memiliki kandungan lemak tinggi tapi karena seratnya juga banyak, biskuit cukup membuat perut terisi ketika lapar. Pastikan kemasan biskuit tidak basah agar kandungan gizinya tidak berkurang dan tetap renyah.

4. Buah Kering

Aprikot dan kismis yang termasuk buah kering bisa menjadi pengganti buah segar. Kismis memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain dapat menurunkan tekanan darah, kismis kaya akan karbohidrat dapat menghindari tubuh menjadi lemah dan lesu.

5. Mi Instan

Selain nasi, mi instan salah satu makanan praktis yang dapat menjadi sumber energi karena kandungan karbohidratnya. Hanya saja, karbohidrat di mi instan tak bisa bertahan lama. Namun, ketika kondisi mendesak, mi instan bisa diandalkan sebagai pengganti nasi.Selain itu, mi instan tetap memiliki kandungan gizi, meski rendah.

Comment

Leave a Reply

News Feed