by

Ketahui Lima Tips Makan Sehat Saat Lebaran Berikut Ini

Karibkerabat.com – Hari Raya Idul Fitri identik dengan aneka makanan khas lebaran yang lezat, penuh rempah dan kaya bumbu. Mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan aneka makanan lainnya. Selain itu, aneka camilan lezat dan minuman manis juga tidak bisa dilepaskan dari suasana hari raya Idul Fitri.

Jika dilihat dari kandungannya, aneka makanan lebaran rata-rata memiliki kandungan lemak yang tinggi dan banyak gula.  Saat kamu tidak dapat mengontrol pola konsumsi dengan baik, kolestrol, asam urat, gula darah, dan tekanan darah bisa naik.

Dengan demikian, mengontrol pola konsumsi menjadi penting agar momen lebaranmu tetap menyenangkan dan juga menyehatkan. Setidaknya ada beberapa tips makan sehat saat lebaran yang dapat kamu terapkan bersama keluarga tercinta berikut ini.

1. Batasi makanan berlemak dan bersantan

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Hal pertama yang kamu lakukan untuk menerapkan pola makan sehat saat lebaran ialah membatasi asupan makanan yang berlemak dan bersantan. Biasanya kandungan lemak dan santan terdapat pada makanan khas lebaran seperti kuah opor, rendang, dan semur.

Makanan berlemak dan mengandung banyak santan yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menaikan kadar kolestrol dalam tubuhmu. Selain itu, makanan tersebut juga dapat menimbulkan mual, pusing, nyeri tukak lambung, atau sakit perut saat dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk membatasi makanan yang berlemak dan bersantan, kamu dapat mengombinasikan makanan ini dengan sayur yang kaya akan serat saat makan. Hal ini akan menjadikanmu lebih cepat merasa kenyang dan nafsu makan lebih terkendali.

2. Tetap konsumsi buah dan sayuran

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Saat hari lebaran, jangan lupa untuk tetap melibatkan buah dan sayuran di meja makan keluargamu. Buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang bauik bagi kesehatan.

Beberapa masakan juga bisa kamu hidangkan dengan bahan dasar buah dan sayuran seperti asinan, salad, sop buah, es krim buah, puding buah, atau jus.

Buah dan sayuran dengan ragam kandungan baik di dalamnya dapat berperan untuk mengontrol nafsu makanmu. Hal itu karena makanan yang mengandung serat tinggi dapat memperlembat pencernaan makanan yang berefek pada perasaan kenyang yang lebih lama dan kurangnya keinginan makan lebih banyak.

3. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Selain berlemak dan bersantan, lebaran juga identik dengan makanan dan minuman manis yang banyak tersedia seperti kue, sirup, hingga minuman kemasan.

Perlu diingat, jika dikonsumsi secara tidak teratur atau berlebihan makanan dan minuman manis berisiko menyebabkan peningkatan berat badan dan kadar gula darah.

Untuk itu, jika kamu ingin mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, hal yang perlu dilakukan ialah membatasinya. Pilih juga makanan dan minuman manis yang lebih sehat seperti puding buah, jus, atau salad buah.

4. Pilih daging rendah lemak

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Dikarenakan makanan khas lebaran kebanyakan berbahan dasar daging, maka kamu diharuskan cermat dalam memilih daging saat lebaran. Pilihlah daging yang memiliki kadar lemak rendah agar kamu dapat mengurangi makanan yang tinggi lemak.

Untuk memilih daging yang rendah lemak kamu dapat memilih bagian-bagian tertentu seperti ayam bagian dada dan dagung sapi bagian has luas atau sirloin.

5. Atur jadwal makanan

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Meskipun lebaran ini merupakan hari yang spesial, kamu harus tetap mengatur jadwal makanmu untuk menerapkan pola makan yang sehat. Hindarilah makan di luar waktu  makan dan sesuaikanlah waktu makan seperti pada hari-hari biasa.

Baca Juga: Ide Resep Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makan yang tidak teratur dan kebiasaan makan diluar jadwal makan dapat membuatmu makan lebih banyak dan lebih sering. Hal ini menjadikan asupan kalori dalam tubuhmu lebih banyak dan tidak terkontrol.

Selanjutnya, disamping mengatur jadwal makan kamu juga dapat mengatur porsi makan dengan baik. Pastikan jumlah makanan yang kamu konsumsi cukup untuk menutupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Comment

Leave a Reply

News Feed