by

Menjaga Produktivitas di Bulan Ramadhan

Karibkerabat.com – Menjaga produktivitas di bulan Ramadhan perlu untuk dilakukan agar mampu bekerja secara efektif meskipun dalam kondisi menahan haus dan lapar selama satu hari penuh.

Hal ini dikarenakan ibadah puasa memiliki pengaruh bagi sebagian orang, terutama pada produktivitas dan kinerjanya selama bulan Ramadhan. Dengan demikian, sangat penting untuk menjaga produktivitas di bulan Ramadhan ini agar mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target.

Mungkin diantara kita sering melihat keberadaan orang yang lemas dan berat untuk beraktivitas di siang hari. Hingga pada akhirnya tidur pun menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu sambil menunggu jam pulang atau adzan Magrib.

Lantas bagaimana cara tepat menjaga produktivitas di bulan Ramadhan? Simak cara lengkapnya pada artikel  ini.

1. Pilih makanan yang tepat untuk sahur dan berbuka

Menjaga Produktivitas di Bulan Ramadhan
(Foto: Canva)

Menahan diri dari makan dan minum selama satu hari penuh bagian sebagian orang memiliki tantangan tersendiri. Hal itu ditambah dengan seringnya kita melihat banyaknya hidangan yang menari di depan mata pada siang hari. Hingga pada akhirnya, saat waktu berbuka tiba, kita akan membeli banyak makanan untuk memuaskan keinginan.

Namun demikian, memenuhi keinginan dengan membeli banyak makanan yang diinginkan dapat menjadi salah satu hal yang mempengaruhi produktivitasmu pada bulan Ramadhan. Dalam hal ini, untuk tetap menjaga produktivitas selama bulan Ramadhan ialah dengan tetap menjaga pola makan saat sahur dan berbuka puasa.

Pastikan makanan yang dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan juga mampu menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh agar mampu tetap produktif selama Ramadhan.

Sebisa mungkin, hindari juga makanan dan minuman instans saat sahur ataupun berbuka. Makanan dan minuman instans juga secara tidak langsung berpengaruh pada produktivitas kita selama bulan Ramadhan.

2. Hindari bermalas-malasan

Menjaga Produktivitas di Bulan Ramadhan
(Foto: Canva)

Menahan diri dari haus dan lapar selama satu hari penuh merupakan salah satu hal yang dapat menguras banyak energi, terlebih jika ditambah dengan segudang rutinitas yang harus dikerjakan dan diselesaikan.

Seringnya, sebelum memulai aktivitas, kita merasa lelah dan letih terlebih dahulu. Kondisi seperti ini sering kali membuat kita berakhir malas-malasan dalam beraktivitas.

Padahal, malas-malasan bukanlah solusi dan juga bukan perilaku yang tepat, apalagi jika kita dihadapkan dengan segudang aktivitas yang harus dikerjakan. Semakin kita bermalas-malasan, maka kita akan semakin merasa letih dan lemas.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari malas-malasan dan tetap jaga produktivitas dengan mengerjakan apa yang harus dikerjakan.

3. Sesuaikan waktu tidur

Menjaga Produktivitas di Bulan Ramadhan
(Foto: Canva)

Kuantitas dan kualitas tidur ternyata memiliki pengaruh terhadap produktivitas kita selama bulan Ramadhan. Agar energi tidk cepat terkuras saat beraktivitas, sebisa mungkin hindari begadang dan sesuaikan waktu tidur.

Tidur yang cukup dapat menjadikan kita lebih banyak memiliki energi dan tenaga untuk beraktivitas selama satu hari penuh. Sebaliknya, kurang tidur dapat menjadikan kita lemas dan tak bertenaga sehingga produktivitas terganggu.

4. Jangan lupa olahraga secukupnya

Menjaga Produktivitas di Bulan Ramadhan
(Foto: Canva)

Berolahraga secukupnya menjadi salah satu aktibitas yang dapat dikerjakan untuk menjaga produktivitas selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Ide Usahan Rumahan pada Bulan Ramadhan

Dalam berolahraga saat menjalankan ibadah puasa, hindarilah olahraga berat seperti jogging atau beragam olahraga lainnya. Dalam hal ini, senam ringan di dalam ruangan menjadi salah satu opsi yang dapat dikerjakan selama bulan Ramadhan.

Demikianlah, beberapa tips agar mampu tetap produktif selama bulan Ramadhan. Selain produktif dalam bekerja, kita juga dituntut untuk produktif dalam perkara ibadah selama Ramadhan untuk meraih kemuliaan dan keberkahan Ramadhan.

Comment

Leave a Reply