by

Meraih Peluang Usaha di Saat Musim Hujan

KaribKerabat.com – Musim hujan telah tiba. Banyak hal yang harus diperhatikan di musim ini jika tak ingin aktivitas jadi terhambat.

Mulai dari siaga membawa perlengkapan hujan hingga ekstra menjaga kesehatan agar tak mudah terserang penyakit.

Anda pun harus siap menghadapi kemacetan yang sering terjadi saat hujan turun. Memang terlihat agak merepotkan, tapi jika jeli, justru saat itulah timbul berbagai potensi bisnis yang menguntungkan.

Di musim penghujan, muncul kebutuhan-kebutuhan tambahan yang bisa kita manfaatkan untuk meraup banyak rupiah.

...

Kamu yang berjiwa bisnis, tentu sudah tak sabar ingin membuka usaha demi menambah pundi-pundi rezeki, bukan? Jika masih bingung menentukan ide bisnis yang ingin dijalani, silakan tonton video ini sampai akhir.

Berikut ini ide bisnis atau peluang usaha yang bisa dilakukan saat musim hujan :

1. Ojek Payung

Peluang usaha satu ini biasanya identik dengan anak-anak yang menyewakan payung di keramaian seperti pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, dll. Profesi ini memang tidak menetapkan tarif khusus, konsumen anda kemungkinan hanya akan mengeluarkan 2ribu rupiah atau 5 ribu rupiah.

Meskipun peluang ini hanya tampak sebagai bisnis recehan, tetapi tidak ada salahnya juga untuk anda coba ketika musim hujan tiba.

2. Jual Payung

Bila anda berfikir menjadi ojek payung sebagai bisnis recehan, anda bisa coba untuk menjual payung. Beberapa waktu lalu payung bening khas jepang atau korea sedang marak digandrungi, sehingga peluang untuk menjalankan bisnis ini masih terbuka.

Ditambah lagi, dengan dukungan pemasarang online bisa dipastikan anda tidak perlu kesulitan untuk mendulang rupiah.

Sebagai contoh, menurut laman kumparan.com. Johanes Paulus yang merupakan Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia ini, mengklaim tiap bulan bisa menjual 1.000-10.000 unit payung.

Konsumennya pun tersebar di berbagai daerah di Tanah Air, termasuk luar negeri seperti Singapura dan Maldives.

Johanes pun mengungkapkan Istana Payung mampu meraih omzet hingga Rp 100 juta per bulan dengan 10 karyawan.

3. Jual Jas Hujan

Selain payung, jas hujan juga menjadi barang yang paling dibutuhkan ketika musim penghujan tiba.

Seiring berjalannya waktu, jas hujan juga telah berevolusi dengan berbagai macam bentuk dan jenis.

Mulai cari jas hujan model ponco yang konvensional, saat ini sudah muncul banyak jas hujan yang lebih menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga tren seperti contohnya jas hujan muslimah yang berbentuk seperti jubah.

...

Menurut laman wirausahakan.blogspot.com, Potensi keuntungan berjualan jas hujan ini berkisari di 25 – 50% dari total omset keseluruhan.

Selain itu anda juga bisa menjual produk pelengkap jas hujan yaitu jas hujan sepatu, produk inovasi yang satu ini memang menjadi solusi bagi anda yang tidak mau sepatunya basah atau kemasukan air ketika menerobos hujan.

Potensi keuntungan yang cukup lumayan menjadikan peluang ini patut anda perhitungkan.

Dikutip dari https://www.maxmanroe.com,Ketika memasuki puncak musim hujan, penjualan jas hujan sepatu yang dijalankan oleh Bayu dapat mencapai 500 pasang tiap bulan.

Dengan harga sekitar Rp40.000 untuk eceran serta Rp30.000 untuk pembelian grosir, ia mengaku dapat mengantongi omzet hingga 15 juta rupiah setiap bulan.

4. Laundry

Saat hujan, orang-orang memang susah mencuci baju. Seringkali, jemuran kita kehujanan lagi saat hendak dikeringkan, atau karena udara yang lembab, baju tidak kering-kering.

Tak heran, jasa laundry pasti akan laku sekali di saat seperti ini. Meskipun modal untuk memulai bisnis ini terbilang cukup tinggi naun Bisnis ini akan jadi investasi jangka panjang bagi anda.

Berikut ini modal yang diperlukan untuk memulai bisnis laundry menurut https://www.moneysmart.id/usaha-laundry-kiloan-modal-rp-6-juta/ Tertarik menjadikan bisnis laundry bisnis sampingan anda?

5. Kuliner

Hangat Siapa yang bisa menolak godaan mie instan hangat di kala cuaca hujan? Cuaca dingin membuat banyak orang tak hanya mencari makanan yang mengenyangkan tapi juga menghangatkan.

Makanan berkuah hangat hingga hidangan pedas bisa jadi pilihannya. Hal ini bisa jadi peluang bisnis menjanjikan yang menarik untuk dicoba.

Pilihlah hidangan yang paling pas dinikmati saat cuaca dingin, seperti soto, bakso, roti bakar, jagung bakar, hingga aneka minuman hangat. Semua tentu tahu bahwa kuah bakso yang hangat bisa membuat suasana jadi makin tenang.

Itulah sebabnya mengapa gak sedikit pedagang bakso dan mie ayam yang kebanjiran rezeki saat musim hujan tiba.

Menurut https://www.moneysmart.id, Untuk memulai usaha ini, modalnya juga gak besar-besar amat. Dengan dana kurang lebih Rp 6 jutaan, kamu udah bisa start. Bahkan, ada juga lho waralaba bakso yang modal awalnya Rp 4 jutaan saja.

6. Jasa Cuci Kendaraan

Musim hujan membuat kendaraan jadi mudah kotor. Jika dibiarkan, bukan hanya tak sedap dipandang, tapi juga bisa merusak mesin kendaraan.

7. Jasa Cuci Kendaraan

Musim hujan membuat kendaraan jadi mudah kotor. Jika dibiarkan, bukan hanya tak sedap dipandang, tapi juga bisa merusak mesin kendaraan. Pemilik kendaraan pun mau tak mau jadi harus lebih sering mencuci kendaraan mereka.

Mencuci kendaraan sendiri tentu memakan waktu dan energi. Apalagi jika perlu dilakukan berulang-kali. Tak heran, jasa cuci kendaraan selalu banjir antrean di musim penghujan. Dalam memulai usaha ini, pemilihan lokasi sangatlah penting.

Pilihlah tempat yang strategis dan dekat jalan raya. Selain itu, siapkan alat-alat operasional, seperti kompresor, busa pencuci motor, pompa air, kanebo, sampo mobil, semir ban, dan sebagainya.

Sebagai permulaan, kamu pun perlu mempekerjakan dua hingga tiga orang pegawai agar bisa melayani banyak konsumen.

Berikut ini ringkasan perkiraan modal yang kamu perlukan: Jika dalam satu hari kamu bisa menangani sekitar 30 motor, dengan biaya cuci Rp 15 ribu per motor, maka omzet yang didapat dalam sehari sebesar Rp 450 ribu.

Dalam sebulan (asumsi setiap hari minggu libur), kamu bisa mendapatkan omzet sebesar Rp 11 juta-an

7. Jual Tanaman Pengusir nyamuk

Pada musim hujan, serangan serangga, khususnya nyamuk memang tak seganas di musim kemarau.

Tapi, tahukah kamu kalau di musim inilah, populasi nyamuk bisa lebih banyak hingga berkali-kali lipat? Sebabnya, pada musim ini tempat berkembang biak dan pertumbuhan larva nyamuk, yaitu genangan air, semakin banyak.

Apalagi, nyamuk berbahaya penyebab DBD, Aedes Aegypti juga mewabah di musim ini. Saatnya memberi solusi sekaligus meraup rezeki.

Kamu bisa menjual tanaman pengusir nyamuk yang dinilai jauh lebih aman dan sehat dibanding penggunaan obat nyamuk bakar maupun semprot.

Beberapa tanaman yang dianggap ampuh mengusir nyamuk, antara lain tanaman geranium, zodia, lavender, rosemary, serta citrosa mosquito. Untuk memulai usaha ini kamu bisa membeli sejumlah bibit tanaman dan menyemai pada media gembur dan lembab.

Harga bibit umumnya tak lebih dari Rp 700 per 25 pcs. Beberapa tanaman, seperti zodia, sudah bisa tumbuh kurang dari seminggu.

Penggunaan pot yang cantik juga bisa menarik minat pelanggan sekaligus meningkatkan nilai barang yang dijual.

Beberapa tanaman, seperti zodia, sudah bisa tumbuh kurang dari seminggu. Penggunaan pot yang cantik juga bisa menarik minat pelanggan sekaligus meningkatkan nilai barang yang dijual.

Ketika sudah tumbuh agak tinggi, tanaman bisa kamu jual mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu per pot. Penggunaan pot yang cantik juga bisa menarik minat pelanggan sekaligus meningkatkan nilai barang yang dijual.

Ketika sudah tumbuh agak tinggi, tanaman bisa kamu jual mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu per pot. Jangan lupa, pasarkan melalui media sosial dengan menampilkan foto yang menarik untuk tiap tanaman untuk menarik minat pembeli.

Itulah beberapa ide bisnis atau peluang usaha yang bisa anda jalankan saat musim hujan.

Jangan lupa, pasarkan melalui media sosial dengan menampilkan foto yang menarik untuk tiap tanaman untuk menarik minat pembeli.

Itulah beberapa ide bisnis atau peluang usaha yang bisa anda jalankan saat musim hujan.

Comment

Leave a Reply

News Feed