by

Orientasi Relawan RPK Batch 1, Upaya Menciptakan Relawan Tangguh

Karibkerabat.com – Sebagai negara yang berada dalam zona ring of fire, Indonesia menjadi salah satu negara yang sering dihadapkan dengan kejadian bencana alam, mulai dari gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan lain sebagainya.

Orientasi Relawan RPK
Penyampaian materi dasar-dasar kebencanaan oleh Bapak Basuki Rahmat perwakilan dari BPBD DKI Jakarta.

Sebagai bentuk upaya dalam menciptakan masyarakat yang tangguh hadapi bencana, Rahmatan Pandu Kemanusiaan (RPK) menggelar Orientasi Relawan RPK tahun 2022 dengan tema ‘Membentuk Relawan Tangguh, Integritas, dan Berkarakter’ Sabtu-Minggu, 2-3 Juli 2022 di Buperta Karang Kitri, Kabupaten Bekasi.

Orientasi Relawan RPK
Penyampaian materi relawan value oleh Bapak Erin Hendrian SH, MM Ketua Umum Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini, Tim RPK bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sebagai tim pemateri dalam agenda tersebut. Adapun materi yang disampaikan dalam orientasi ini antara lain Pengetahuan Dasar-dasar Kebencanaan, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Water Rescue, dan Relawan Value.

Orientasi Relawan RPK
Penyampaian materi PPGD oleh Bapak Masfuri perwakilan BPBD DKI Jakarta,

Acara yang diikuti oleh 20 relawan tim RPK ini turut dihadiri juga oleh pengurus Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur serta ketua Squad Penggulangan Bencana Indonesia (Squad PBI) Bapak Subur.

Orientasi Relawan RPK | Situ Abidin
Pelatihan Water Rescue oleh Tim Pelatih BPDB DKI Jakarta.

Alhamdulillah, dari awal hingga akhir acara ini berjalan dengan lancar dan seluruh materi tersampaikan dengan baik, semoga dapat diaplikasikan oleh seluruh relawan baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat secara umum.

Baca Juga: Peduli Dampak Covid-19, RPK Bagikan Paket Sembako

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungannya baik secara moril dan materil, semoga kebaikan semuanya dibalas dengan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin

Comment

Leave a Reply