by

Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha Agar Tidak Darah Tinggi

Karibkerabat.com – Salah satu keberkahan hari raya Idul Adha ialah adanya penyembelihan hewan qurban sehingga hampir seluruh masyarakat mendapatkan jatah daging qurban pada hari tersebut.

Sebab itu, pada hari yang sama, kisaran menu makan di setiap rumah hampir sama yakni tak jauh dari olahan daging baik itu sapi maupun kambing. Hal ini menjadikan sebagian besar masyarakat mengonsumsi daging jauh lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Meski hal ini wajar terjadi, namun tak semua orang bisa mengonsumsi daging dalam jumlah yang banyak. Sebab, ada sebagian diantara kita yang mungkin memiliki riwayat kesehatan darah ataupun kolestrol tinggi serta beberapa riwayat lainnya yang mengharuskan orang tersebut membatasi konsumsi daging pada hari raya.

Sebab, konsumsi daging secara berlebihan dapat menjadi salahbsatu pemicu naiknya kadar kolestrol dalam darah yang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha

Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha
(Foto: Jawa Pos)

Olahan daging qurban yang lezat menjadi salah satu menu makan yang dinantikan setiap hari raya Idul Adha. Nah, agar tetap sehat dan terhindari dari naiknya kolestrol ataupun darah tinggi, berikut adalah tips sehat konsumsi daging saat Idul Adha.

1. Hindari Daging yang Mengandung Banyak Lemak

Untuk menghindari daging yang mengandung banyak lemak anda harus memastikan terlebih dahulu jenis daging yang hendak dipilih.

Adapun beberapa bagian daging yang direkomendasikan dan bebas dari lemak ialah bagian dagiung sekitar paha atas sapi.

Selain itu, untuk memilih daging yang sedikit kandungan lemaknya anda dapat memisahkan atau membuang serat putih pada daging saat dibersihkan. Serat putih inilah yang dikenal dengan lemak atau gajih oleh masyarakat kita.

2. Pilih Cara Masak yang Tepat

Setelah memilih dan membersihkan daging dari lemak, pilihlah metode atau cara masak yang tepat.

Ada beberapa teknik yang dapat mempertahankan kandungan gizi di dalam daging yakni dengan direbus, panggang, bakar, atau dihaluskan. Semuanya bisa anda pilih sesuai dengan selera dan keinginan diri sendiri.

Adapun diantara beberapa teknik diatas, teknik merebus daging menjadi salah satu teknik yang paling sehat, terlebih jika dicampur dengan rempah-rempah yang alami.

3. Gunakan Rempah Alami

Campuran bumbu rempah alami dapat memperkuat cita rasa masakan. Selain itu, bumbu rempah yang alami juga dapat menghilangkan bau amis pada daging.

Adapun rempah-rempah yang biasa digunakan untuk mengolah daging antara lain bawang, daun-daunan, atau bumbu rempah lainnya.

4. Gunakan Bumbu Kemasan Seperlunya

Penggunaan bumbu kemasan dapat menghemat waktu untuk mengolah rempah menjadi bumbu masak. Namun demikian, menggunakan rempah alami menjadikan makanan yang dimasak memiliki cita rasa yang lebih enak dan lezat.

Jika terpaksa menggunakan bumbu kemasan, gunakanlah bumbu kemasan tersebut seperlunya. Hindari penggunaan bumbu kemasan berlebihan, sebab dapat menyebabkan permasalahan lain.

5. Ketahui Batas Konsumsi Daging Per Hari

Mengonsumsi daging setiap jam makan menjadi hal yang wajar di hari raya Idul Adha. Namun, ada baiknya jika mengetahui angka normal konsumsi daging dalam sehari.

Angka konsumsi daging dalam sehari berkisar antara 120-140 gram dalam sehari. Kisaran tersebut berlaku untuk daging kambing maupun daging sapi.

6. Jangan Melebihi Batasan Konsumsi

Menu sajian daging yang lezat pada hari raya Idul Adha memang selalu menggugah selera. Hal ini sering menjadikan kita lupa diri sehingga makan berlebihan dan tidak teratur.

Agar tetap aman, batasi konsumsi masakan berbahan daging saat Idul Adha. Pilih juga menu yang diolah secara sehat seperti sate dan steak.

Baca Juga: Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing

7. Sajikan Makanan Pendamping yang Sehat

Daging yang kaya lemak dan protein harus diseimbangkan dengan menu pendamping yang sehat dan kaya akan serat. Serat dapat mengoptimalkan penyerapan protein dan zat gizi lain dari daging.

Selain itu, serat juga akan mengeluarkan kandungan lemak dari dalam tubuh dengan cepat. Adapun makanan yang kaya akan serat terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera dan keinginan.

Comment

Leave a Reply