by

11 Strategi Instagram Marekting untuk Bisnismu, Coba Prakteikan!

Karibkerabat.com – Bagi kamu yang menekuni bisnis dan ingin mencoba memasarkan bisnismu di Instagram, kamu wajib mengetahui seluk beluk Instagram Marketing salah satunya Strategi Instagram Marketing.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif. Menurut data yang dihimpun oleh katadata.co.id, jumlah pengguna Instagram secara global mencapai 1,96 miliar orang pada kuartal 1 2022.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 1,67% dari kuartal sebelumnya yang masih 1,92 miliar. Kemudian, rata-rata pengguna Instagram terbanyak berada di wilayah Asia Pasifik yakni mencapai 893 juta pada 2021.

Pada awalnya, Instagram hanya digunakan sebagai platform untuk mengunggah hasil potografi penggunanya. Hingga saat ini, Instagram memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk kebutuhan hiburan pribadi hingga kepentingan bisnis.

Dikutip dari niagahoster, 72% orang membeli suatu produk setelah ia melihatnya di Instagram. Hal ini menjadikan Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang memiliki pengaruh terhadap bisnis penggunanya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram Marketing

Tipe-Tipe Konten yang Diminati Pengguna Instagram

Bagi siapa saja pengguna Instagram, mengecek akun Instagram merupakan salah satu rutinitasnya sehari-hari.  Tidak hanya poto, ada banyak sekali informasi baru yang bisa didapatkan dari platform media sosial yang satu ini.

Instagram memuat berbagai konten baik berupa foto dan video dengan berbagai captionnya yang menarik dan tentunya dapat dinikmati penggunanya baik di Feed, Instagram Story, IG TV, Reels, dan Live IG.

Berikut adalah tipe-tipe konten yang paling banyak diminati pengguna Instagram

1. Kutipan Penuh Inspirasi

2. Potret Manusia

3. Pemandangan

4. Makanan dan Minuman

5. Keseharian atau behind the scenes

6. Binatang

7. Kesenian

8. Berita dan Informasi

9. Cerita

Strategi Instagram Marketing

Strategi Instagram Marketing
Foto: Pixabay

Dibawah ini akan dikupas 11 strategi marketing di Instagram yang dapat kamu terapkan dalam bisnismu.

Namun, sebelum menerapkan strategi instagram marketing dalam bisnismu, akun Instagram milikmu wajib menggunakan akun Instagram bisnis.

Kemudian, lakukan optimasi pada profil bisnismu dengan cara memasukan username yang simple, foto profil brand, masukan bio yang menarik dan informatif, masukan pesan Call to Action (CTA), dan masukan link website resmi ataupun link lainnya.

Nah, setelah itu lakukanlah beberapa strategi Instagram berikut ini.

1. Optimalkan Penggunaan Fitur Instagram

Akun Instagram bisnis memberikan fitur-fitur canggih yang tentunya dapat mendukung proses marketing yang dilakukan dalam platform media sosial ini. Nah berikut adalah beberapa fitur Instagram yang dapat kamu optimalkan dalam menjalankan bisnis.

a. Insight

Insight merupakan fitur Instagram yang dapat digunakan untuk menganalisa kinerja akun bisnis.

Hasilnya, kamu dapat memahami sejauhmana follower merespon konten atau produk yang kamu posting sehingga kamu dapat menyimpulkan postingan apa yang menarik bagi follower.

Dalam hal ini, Insight dapat menganalisa beberapa hal terkait dengan akunmu mulai dari siapa saja followers terbaru, jumlah kunjungan profil, jumlah impressions, jumlah postingan, jumlah klik pada website dan jumlah klik email.

Selain itu, Insight juga dapat membuka data secara detail mengenai demografi follower, mulai dari jenis kelamin, usia, hingga lokasi follower.

b. Instagram Ads

Instagram Ads dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk lebih luas lagi daripada follower yang kamu miliki.

Kamu dapat menentukan lokasi iklan, usia, hingga gender sesuai dengan tujuan bisnismu. Bahasan mengenai Instagram Ads akan dibahas secara khusus dalam artikel ini.

c. Tombol Kontak

Fitur selanjunya ialah tombol kontak yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan konsumen menghubungi pemilik bisnis. Kamu dapat mengisi tombol kontak tersebut dengan nomor telepon ataupun alamat emailmu.

d. Quick Reply

Quick Reply dapat menjadikanmu lebih mudah untuk membalas berbagai chat yang masuk melalui Direct Message (DM). Dengan fitur ini kamu dapat menghemat banyak waktu dan tenaga karena dapat menyimpan terlebih dahulu pesan yang sekiaranya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen.

e. Swipe Up di Stories

Jika akun bisnismu memiliki followers lebih dari 10 ribu, kamu bisa menambahkan link ke stories dalam bentuk swipe up atau geser ke atas. Fitur ini dapat mengarahkan followers menuju landing page atau website bisnismu.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Instagram Marketing untuk Kembangkan Bisnis

2. Pahami Jenis Postingan di Instagram

Sebagai social media marketers pada platform Instagram, kamu juga harus memahami seluk beluk mengenai jenis postingan di Instagram sebagai berikut ini.

a. Feed Instagram

Feed Instagram merupakan postingan yang berisi foto ataupun video yang di posting di akun Instagram tersebut. Dengan penampilan visual yang unik dan menarik, feeds dapat menarik calon konsumen untuk melihat dan membeli produk atau layanan yang disediakan.

b. Instagram Stories

Instagram Stories merupakam konten Instagram yang hanya bertahan selama 24 jam saja. Posisinya berada di atas Feed Instagram.

Dalam penggunaannya, Instagram Stories memiliki banyak manfaat  dan juga kelebihan lainnya dibandung jenis konten lainnya.

c. Instagram Live

Instagram live adalah fasilitas siaran langsung yang diberikan Instagram dan dapat ditontin oleh follower-mu.

d. Instagram TV

Instagram TV (IGTV) adalah fitur di Instagram yang tampilannya lebih mirip dengan youtube. Durasi video yang tersedia cukup panjang sehingga kamu dapat mengisinya dengan konten pemasaran yang lebih jelas dan menarik lagi.

e. Reels

Reels merupakan fitur terbaru Instagram yang dapat kamu gunakan untuk menampilkan video dengan durasi tertentu. Di Reels Instagram, kamu dapat mengedit video, memasang audia, efek, dan lain-lainnya.

3. Pilih Waktu Terbaik untuk Upload Konten

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat upload konten marketing bisnismu ialah waktu yang tepat untuk meng-upload konten.

Selain memilih waktu yang tepat, pastikan juga kamu tidak mengganggu followers dengan meng-update konten secara berlebihan.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memilih waktu yang tepat saat meng-upload konten ialah menggunakan fitur insight yang ada dalam akun instagram bisnis.

4. Tentukan Tema Konten

Tentukan tema konten yang unik dan menarik agar follower-mu tidak bosan dengan konten yang kamu upload.

Dalam hal ini, kamu dapat memilih tema konten yang berbeda-beda untuk membantu kamu menjangkau objek yang berbeda-beda.

5. Gunakan Gaya Visual Secara Konsisten

Penggunaan gaya visual yang konsisten dapat menjadikan kontenmu mudah dikenali oleh para follower-mu. Semakin mudah dikenali gaya visualmu, semakim besar kemungkinan followersmu untuk menyukai dan meninggalkan komentar pada konten yang kamu upload.

6. Tentukan Subjek Konten yang Akan Selalu Ditampilkan

Menentukan subjek konten yang menjadi fokus bisnis penting untuk kamu lakukan untuk mengoptimalkan proses instagram marketing.

Jika kamu terjun dalam bisnis sepatu olahraga, maka konten atau foto-foto yang akan kamu upload adalah foto-foto sepatu olahraga.

Selain itu, sesekali kamu juga dapat meng-upload konten yang tidak memiliki kaitan sama sekali dengan subjek yang kamu tentukan. Misalkan cerita inspiratif, foto staff ataupun konten menarim lainnya.

7. Memakai Banyak Hashtag

Hashtag (#) atau tagar memiliki fungsi untuk memasarkan bisnismu lebih luas sesuai dengan produk yang digunakan. Semakin banyak hashtag yang digunakan, maka semakin banyak engagement yang akan kamu dapatkan.

Dalam menggunakan hashtag, pastikan kamu memilihnya sesuai dengan subjek konten yang telah kamu tentukan serta pilihlah hashtag yang aktif dan banyak menggunakan.

8. Kenali Identitas Followers

Mengenali identitas followers merupakan salah satu strategi marketing yang dapat kamui terapkan dalam instagram marketing yang kamu jalankan.

Dengan mengenali followers, kamu dapat melayani kepentingan dan keinginan mereka dengan baik.

9. Gunakan Caption yang Menarik Pada Postingan

Meskipun Instagram merupakan platform yang berisi konten-konten visual, namun menggunakan caption saat meng-upload konten menjadi hal yang tak boleh terlewatkan.

Penggunaan caption memberikan peluang besar  bagi bisnismu untuk menceritakan sebuah kisah atau menambah pesan Call to Action yang menarik bagi para followers.

10. Gunakan Instagram Ads

Instagram Ads adalah fasilitas iklan yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan bisnismu.

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk membuat Instagram Ads, yakni melalui Facebook Ads Manager atau langsung dari Instagram itu sendiri.

Kedua cara tersebut mengharuskan kamu memiliki Facebook Page terlebih dahulu sehingga untuk mengggunakan fasilitas Instagram Ads pastikan terlebih dahulu telah membuat halaman terkait bisnismu di Facebook.

Baca Juga: 3 Aplikasi yang Jadikan Instagram-mu Lebih Menarik

11. Kerjasama dengan Influencer

Kerjamsama dengan influencer dapat juga kamu pilih untuk menjangkau pasar yang lebih luas dari bisnismu.

Carilah influencer yang relevan dengan bisnismu dan mulailah membangun hubungan baik dengan mereka.

Kamu dapat mensponsori mereka dengan produk atau layanan bisnismu untuk mengekspos bisnismu ke komunitas Instagram yang lebih besar.

Untuk kerjasama dengan influencer, tentunya kamu harus menyediakan biaya yang cukup. Pilihlah influencer yang sesuai dengan biaya yang kamu miliki dan relevan dengan bisnismu.

Comment

Leave a Reply