by

Instagram Marketing: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya untuk Mengembangkan Bisnis

Karibkerabat.com – Instagram muncul pertama kali pada tahun 2010 sebagai platform yang dapat digunakan untuk meng-upload foto selfie, hewan peliharaan,  gambar makanan favorit, dan lain-lain.

Setelah dikenal luas diberbagai penjuru dunia, Instagram pun menjadi platform sosial media yang diakui kualitasnya dalam berbagi foto dan video.

Disamping itu, Instagram juga bertransormasi menjadi sarana pemasaran digital yang memberikan banyak dampak positif pada berbagai bisnis yang dijalankan penggunanya.

Dengan sifat dan kualitas visual yang dimilikinya, Instagram memberikan banyak peluang kepada pelaku bisnis online untuk memasarkan produk mereka pada platform yang satu ini.

Berdasarkan fakta yang ada, Instagram mampu memberikan dampak positif yang lebih tinggi untuk bisnis dibandingankan dengan platform media sosial yang lainnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini, 72% pengguna Instagram mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk setelah melihat sesuatu di Instagram. Kemudian, salah satu kategori produk yang paling populer di Instagram terdiri dari pakaian, makeup, sepatu, dan perhiasan.

Instagram Marketing menjadi salah satu Istilah yang sering digunakan untuk menamai aktivitas pemasaran melalui Instagram. Simak penjelasan Instagram Marketing, tujuan, manfaat, dan cara kerjanya dalam artikel ini secara lengkap.

Pengertian Instagram Marketing

Instagram Marketing

Saat membaca atau mendengar istilah Instagram Marketing, mungkin ada diantara sahabat semua yang bertanya-tanya apa itu Instagram Marketing dan bagaimana keefektifannya dalam membangun bisnis?

Instagram Marketing adalah sebuah cara memanfaatkan Instagram untuk melakukan aktivitas pemasaran agar lebih optimal, baik untuk kepentingan bisnis online, pribadi, personal branding atau membangun kepedulian sosial.

Seperti proses pemasaran di media sosial pada umumnya, ada dua jenis strategi marekting Instagram yaitu organik ataupun berbayar.

Pemasaran produk secara organic yang dilakukan pada platform Instagram biasanya menggunakan postingan di feeds, Instagram Stories, Instagram TV, dan Intagram Reels.

Kemudian, untuk pemasaran produk berbayar pada Instagram biasanya menggunakan fitur Instagram Ads dan influenscer marketing.

Tujuan dari kedua jenis strategi tersebut tidaklah berbeda yakni untuk menciptakan brand awareness, pengguna atau follower baru, dan tentunya meningkatkan closingan pada sebuah produk atau brand yang dipasarkan.

4 Tujuan Instagram Marketing

Tujuan Instagram Marketing

Setelah mengetahui ap aitu Instagram marketing dan dua hal paling mendasar didalamnya, kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari Instagram Marketing sebelum mengaplikasikannya dalam bisnismu.

Nah, biar gak penasaran lagi, berikut adalah empat tujuan dari Instagram Marketing yang dapat kamu aplikasikan dalam meningkatkan bisnismu.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan pertama dari Instagram Marketing ialah menciptakan atau meningkatkan brand awareness bagi bisnis yang kamu jalani.

Agar peningkatan brand awareness tetap autentik dan berkelanjutan, hindarilah berfokus pada penerbitan pesan promosi saja. Sebaliknya, kamu dapat lebih fokus untuk menciptakan konten yang menekankan kualitas dan value yang ada dalam brand terlebih dahulu.

2. Menambah Prospek Penjualan

Selanjutnya, tujuan dari Intagram Marketing ialah menambah prospek penjualan produk atau brand yang kamu miliki. Untuk mendatangkan prospek kamu dapat menggunakan toko di Instagram, membuat katalog yang menarik, dan mengintegrasikan katalog produk ke dalam profil Intagram milikmu.

Selain itu, kamu juga dapat membuat kampanye tentang produk dan promo baru serta membuat penawaran eksklusif kepada para pengikut atau audiens.

3. Memperluas Jangkauan Produk

Tujuan selanjutnya dari Instagram marketing ialah menambah atau memperluas jangkauan produk atau brand yang kamu miliki. Instagram Marketing berpotensi membawa pengikut baru untuk menemukan produk yang sebelumnya belum pernah terdengar sama sekali oleh audiens.

4. Mendatangkan Traffic Website Produk

Selain meningkatkan penjualan melalui sosial media, Instagram Marketing juga dapat mendatangkan trafic ke situs web yang kamu miliki.

Untuk mendatangkan trafik ke situs web mu, kamu dapat menautkan tautan situs web di profil Instagram dan juga melalui fitus iklan atau promosi Instagram yang dapat kamu gunakan.

4 Manfaat Instagram Marketing

Manfaat Instagram Marketing

Berikut adalah empat manfaat Instagram Marketing yang dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu.

1. Platform yang Populer

Instagram merupakan platform yang sanga populer dan telah digunakan begitu banyak orang. Pada tahun 2020, disebutkan bahwa waktu yang digunakan rata-rata 28 menit per hari untuk menjelajahi aplikasi ini.

Lebih dari itu, fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti story dan reels menjadi produk yang saat ini kian digemari oleh penggunanya.

Disebutkan bahwa lebih dari 500 juta orang dalam sehari menggunakan fitur story. Fakta menarik berikutnya ialah banyak generasi Millenial dan Gen-Z yang gemar mencari story dari produk dan layanan yang ingin mereka beli.

Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi kamu untuk mengenalkan dan mempromosikan produk atau brand mu kepada para pengguna Instagram.

2. Membangun Brand dan Karakter Bisnis

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat visual, hal ini menjadi salah satu faktor kenapa Instagram banyak yang menggemarinya.

Hal ini juga didukung dengan populasi 65% masyarakat yang merupakan pembelajar visual (visual learner). Sehingga dengan bantaun Instagram Marketing, sebuah bisnis akan mudah untuk membangun branding dan membangan karakter dalam bisnisnya sehingga mampu menyar target pasar yang sesuai.

3. Menjangkau Pelanggan Potensial

Manfaat selanjutnya dari Instagram Marketing ialah memungkinkanmu untuk menjangkau pelanggan potensial dengan fitur iklan yang ada di dalamnya.

Untuk memasang iklan di Intagram, kamu dapat memggunakan postingan feed dan stories dan pilihlah jangkauan iklan tersebut sesuai dengan karakter brand yang kamu miliki.

Baca Juga: Contoh Caption Promosi Bagus di Instagram

4. Memberikan Dukungan Pada Bisnis Lokal

Selain menjangkaun pelanggan potensial, Instagram Marketing juga dapat menjangkau pelanggan ke lokasi geografi yang lebih spesifik. Hal ini menjadikan Instagram Marketing dapat mendukung siapa saja yang mengembangkan bisnis lokal.

Comment

Leave a Reply