Cara Jualan di Tiktok Agar Banyak Orderan

Teknologi297 Views

Karibkerabat.com – Ditengah pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, social media marketing menjadi strategi pemasaran yang cukup menjanjikan bagi pertumbuhan bisnis.

Salah satu platform media sosial yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk adalah Tiktok.

Tiktok adalah platform media sosial yang kontennya terdiri dari video dengan durasi mulai 15 detik hingga 3 menit.  Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat membantu para pebisnis atau penjual online dalam menjual produknya.

Pada tahun 2021, pengguna Tiktok jumlahnya lebih dari 1 miliar pengguna, hal ini menjadikan platform media sosial tersebut memiliki potensi yang besar untuk berjualan.

Bagi kamu yang ingin menggunakan Tiktok sebagai media pemasaran bisnis, mari ketahui beberapa caranya berikut ini agar produkmu laku keras.

Cara Jualan di Tiktok

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan menggunakan Tiktok.

1. Ganti akun menjadi bisnis

Langkah pertama adalah mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis di aplikasi Tiktok. Berikut adalah beberapa tahapan untuk mengubah akunmu menjadi bisnis.

a) Daftar akun menggunakan data bisnis, mulai dari email, anma akun, dan lainnya.

b) Klik ke akun bisnis dengan cara:

– Klik “Saya”

– Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas

– Klik “Alihkan akun saya”

c) Pilih kategori bisnis yang sesuai

– Edit profil, mulai dari foto dan isi bio yang berkaitan dengan bisnismu.

– Tambahkan link jualan di e-commerce

2. Buat konten yang menarik

Setelah akunmu berubah menjadi bisnis, buatlah konten menarik secara konsisten untuk menarik perhatian calon pelangganmu.

Caranya kamu harus mencari ide konten terlebih dahulu, baik dari competitor ataupun dari tren yang berkembang di Tiktok.

Setelah memiliki ide konten, kamu dapat menuangkannya dalam bentuk video produk, tutorial, ulasan, dan tips-tips yang relevan dengan bisnismu.

Selanjutnya, untuk menjangkau banyak calon pelanggan kamu juga dapat menggunakan tagar yang sedang tren saat mempublikasikan konten.

Penting bagi kamu yang berjualan melalui media sosial untuk memproduksi konten secara konsisten, menarik, dan mampu menjawab kebutuhan calon pelanggan.

3. Publish konten di waktu yang tepat

Menjadi bagian dari strategi social media marketing untuk memposting konten di waktu yang terbaik. Carilah waktu yang tepat menurutmu untuk posting konten, di mana pada waktu tersebut banyak pengguna aplikasi yang sedang aktif.

4. Bekerja sama dengan Influencer

Strategi berikutnya  adalah bekerja sama dengan Influencer yang relevan dengan bisnis, tujuannya untuk menarik banyak calon pelanggan yang merupakan followers Influencer tersebut.

Dalam memilihnya, perhatikan persona konsumen dan tujuan promosi kamu agar Influencer yang kamu pilih tepat dan relevan dengan bisnis.

5. Gunakan Tiktok Ads

Gunakan juga Tiktok Ads untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Dalam penerapannya, terdapat empat jenis iklan yang dapat kamu gunakan di Tiktok sebagai berikut.

a) InFeeds Ads: Iklan ini adalah jenis iklan yang muncul saat pengguna melakukan scrolling di beranda Tiktok.

b) Promotes Hashtag Challenge: Iklan ini dapat kamu gunakan untuk melakukan ajakan bagi pengguna untuk memakai hashtag challenge.

c) Branded Filter: Iklan ini berisi efek/filter khusus yang terdiri dari informasi produk.

d) Brand Takeover: Iklan eksklusif yang berbentuk Image, gif, hingga video yang akan muncul satu kali sehari selama membuka aplikasi.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat kamu coba maksimalkan untuk menjingkatkan penjualan di Tiktok.

Baca juga informasi tentang Social Media Marketing lainnya di karibkerabat.com.

Leave a Reply