by

Jangan Bersedih, Inilah Sedekah Yang Dapat Dilakukan Saat Kita Tak Punya Harta

Karibkerabat.com – Sedekah merupakan satu amalan istimewa setiap muslim yang bisa dilakukan setiap hari karena ada perintahnya di Al Qur,an apalagi jika dilakukan selama bulan Ramadan.

Ganjaran yang dapat kita dapatkan dari sedekah yang kita keluarkan selama bulan suci Ramadan ini bisa berlipat ganda nilainya.

Al-Raghib Al-Isfahani mengatakan bahwa, “Sedekah adalah harta yang dikeluarkan manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti halnya zakat. Bedanya, sedekah hukumnya adalah sunnah, sedangkan zakat hukumnya wajib.”

Bersedekah tidak hanya dengan uang, terbuka sedekah dengan cara lain di bulan Ramadan.

Kita mungkin selama ini memahami sedekah sebagai uang atau harta saja yang kita keluarkan saat kita punya kelebihan. Namun, ternyata pemahaman tentang sedekah bisa lebih luas dari itu.

Mengutip dari buku Haid Menghalangi Ibadah? No Way! bagi orang-orang yang tidak memiliki kelebihan harta untuk di bulan Ramadan , masih terbuka kesempatan luas untuk bersedekah dengan cara lain di bulan Ramadan.

Dengan kata lain, sedekah dengan materi bukan satu-satunya sedekah.
Ibn Rajab Al-Hanbali membagi sedekah yang bersifat nonmateri menjadi dua bagian.

Pertama, sesuatu yang kebaikannya berpengaruh besar/kecil kepada orang lain, sehingga itu menjadi sedekah bagi mereka.

jadi sedekah yang demikian itu lebih baik dari sedekah dengan harta, seperti bersedekah mengajak amar ma’ruf dan nahi mungkar, yakni ajakan untuk menaati Allah dan Rosulnya serta mencegah perbuatan keji dan maksiat.

Begitu juga dengan mengajarkan ilmu bermanfaat, mengajarkan membaca Al-Quran, dan juga menyelesaikan masalah yang mengganggu di masyarakat. Doa dan istigfar untuk kaum muslim pun bernilai sedekah.

Kedua, sedekah yang hanya manfaatnya terbatas pada pelakunya. Misalnya? berzikir, takbir, tasbih, tahmid, tahlil, istigfar, dan berjalan ke masjid.
Walau tak punya kelebihan harta ataupun materi, kita dapat memperbanyak zikir untuk kebaikan kita apalagi dibulan suci Ramadan.

Tak perlu berkecil hati bila kita merasa belum mempunyai banyak kelebihan harta seperti yang lainnya. Bersedekah dapat kita lakukan dengan cara-cara lain.

Yang tak kalah penting dari itu semua adalah niatkan semua bentuk amalan dan sedekah kita hanya untuk mendapatkan pahala dan rida Allah SWT.

Semoga bulan Ramadan kali ini bisa menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi. Mau bersedekah ke Yayasan Yatim? Bisa ke Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur.

Comment

Leave a Reply

News Feed