by

Lawan Corona, Upaya Rahmatan Lil Alamin Cegah Pandemi Covid-19

KaribKerabat.com – Kasus Covid-19 masih terus meningkat di berbagai daerah meski pemerintah telah gencar mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah juga berupaya menekan penyebaran Covid-19 dan terbaru melalui Satgas Penanganan Covid-19 meluncurkan sebuah inovasi.

Prof Wiku Adisasmito selaku koordinasi Koordinasi Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19  menyebut inovasi ini dikenal sebagai “Sistem Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) Monitoring Perubahan Perilaku”.

Anak yatim binaan Yayasan Rahmatan Lil Alamin cuci tangan sebelum kegiatan

Sistem ini dirancang untuk menghasilkan data yang realtime, terintegrasi, sistematis, interoperabilitas, dan sistem yang melibatkan koordinasi antar lintas sektor.

“Melalui sistem ini, petugas di lapangan dapat memasukkan berbagai data terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat di lokasi-lokasi pengawasan secara real time,” kata Wiku di Jakarta (27 Oktober 2020)

Data yang dimasukkan etugas di lapangan, diolah menjadi data statistik untuk mengetahui lokasi atau area terbanyak dengan lokasi geografisnya, dan menemukan pelanggaran protokol kesehatan.

Periksa suhu tubuh anak yatim binaan sebelum kegiatan

Data statistik nantinya digunakan untuk mengoptimalisasi pelaksanaan operasi yustisi.

Salah satu fitur dalam sistem BLC Perubahan Perilaku ialah kuesioner untuk melaporkan kerumunan yang terjadi dan juga memonitor kepatuhan individu dan institusi terhadap protokol kesehatan.

Termasuk bisa digunakan memetakan lokasi dan institusi yang perlu meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Hasil pelaporan monitoring dalam sistem itu, berbentuk sebuah dashboard nasional yang berbentuk alat navigasi.

Santunan rutin bagi yatim di tengah pandemi tetap menerapkan protokol kesehatan

“Data yang dihasilkan bersifat realtime, dan akan terus diperbarui berdasarkan laporan yang masuk, melalui dashboard ini pula dapat diketahui jumlah orang yang dipantau, titik pemantauan, jumlah kabupaten/kota serta provinsi yang dipantau,”  kata Wiku.

Melalui dashboard itu juga dapat dipetakan wilayah di Indonesia yang perlu ditingkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan.

Data-data itu akan diolah didalam aplikasi dan dapat digunakan untuk menentukan kebijakan mendorong perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dalam mengoperasikan sistem ini, Satgas Penanganan Covid-19 mempertimbangkan aspek kemitraan atau pentahelix.

Wiku mengakui hal itu dikarenakan pihaknya tidak dapat bekerja sendiri dalam memerangi pandemi. Dibutuhkan kerjasama berbagai pihak termasuk kalangan masyarakat.

Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Sejalan dengan program pemerintah, KaribKerabat mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang dikuti. Ingat pesan ibu, 3M ( *wajib memakai masker, wajib rajin mencuci tangan, dan wajib selalu menjaga jarak* ).

Bersama, kita lawan virus corona. 

Lawan Corona merupakan salah satu upaya Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur untuk bersama-sama melawan Corona atau Covid-19. Dimana upaya ini diwujudkan dengan pembentukan SATGAS COVID-19 Rahmatan Lil-Alamin.

Bentuk pelaksanaan dari program antara lain :

  • Pembagian masker secara gratis kepada anak-anak yatim dan dhuafa’, serta masyarakat umum yang membutuhkan.
  • Pembagian hand sanitizer.
  • Penyemprotan disinfectan.
  • Pembagian paket sembako dan uang santunan.

Sahabat, berdiam diri dirumah dan melakukan pembatasan sosial adalah cara melawan corona. Akan tetapi ada satu lagi yang lebih penting untuk melawan virus yang sangat membahayakan ini yakni dengan saling membantu sesama.

Yuk menjadi bagian dalam melawan corona dengan cara mengeluarkan donasi terbaik sahabat di sini.

Jadilah pahlawan bagi dunia dan mereka yang terdampak oleh covid-19. Sebab corona ini bisa dilawan ketika semuanya bersatu saling menguatkan satu dengan lainnya.

Comment

Leave a Reply

News Feed