by

Mau Aman Saat Karantina? Sediakan Barang Ini di Rumah

Karibkerabat.com – Semenjak dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, Covid-19 telah menyebar ke 32 propinsi Indonesia dan 205 negara dunia. (per 4 April 2020) dengan penderita positif 1,139,117 dengan 61,144 kematian.

Pemerintah terus menerus mengimbau masyarakat untuk menerapkan physical distancing dan karantina mandiri di rumah.

Diberlakukannya karantina berdampak terhadap kehidupan masyarakat, banyak masyarakat melakukan panic baying guna menyetok persediaan kebutuhan harian dirumah.

Air Minum
Kebutuhan air sangat vital untuk membasahi tenggorokan agar selalu basah dan tidak kering saat wabah corona.

Akibatnya, berbagai kebutuhan pokok di pasar dan minimarket bahkan di supermarket pun menjadi langka. Padahal, untuk terus bertahan di tengah situasi virus yang mewabah dengan menyetok barang saat karantina hanya beberapa barang saja yang diperlukan.

Dilansir dari Business Insider, berikut beberapa persediaan yang harus disiapkan selama karantina terkait wabah virus Corona di rumah.

1. Makanan kering dan kaleng

Selama karantina dirumah, pastikan untuk persiapkan makanan yang cukup selama 14 hari. Dikarenakan selama karantina tidak boleh keluar dan beraktifitas di luar rumah, maka menyediakan makanan kering dan kalengan yang tahan lama merupaka salah satu solusinya.

Makanan kering seperti pasta, beras, kacang-kacangan, dan sereal serta makanan kaleng lainnya dapat dijadikan pilihan. Siapkan pula makanan kaleng seperti tuna, sarden, bumbu pasta, dan lainnya. Ingat juga lihat tanggal produksi dan masa kadaluarsanya ya

2. Perawatan pribadi

Perawatan tubuh seperti sabun, shampoo, tisu toilet, popok anak, dan hand sanitizer juga harus dipersiapkan ada dirumah selama karantina. Jangan lupa juga sediakan selalu sabun khusus untuk mencuci tangan.

Pasalnya, mencuci tangan diri sendiri dan keluarga secara teratur dan benar merupakan salah satu cara terbaik melindungi diri dari infeksi corona.

3. Peralatan P3K

Guna mencegah sesuatu yang tidak diinginkan selama masa karantina, pastikan untuk selalu menyetok pasokan obat-obatan, terlebih lagi jika ada anggota keluarga yang sangat tergantung dengan obat-obatan khusus.

Peralatan P3K seperti kain kasa, termometer, antibiotik, perban dan lainnya harus selalu ada dan dipersiapkan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan kebutuhan medis lain seperti vitamin, lensa kontak, obat batuk dan pilek, dan lainnya yang diperlukan bagi seluruh keluarga.

4. Air minum

Air minum menjadi hal vital selama masa karantina. Pastikan pasokan air minum tersedia selama karantina mandiri di rumah. Menyiapkan beberapa galon air lebih dari kebutuhan harian seperti biasanya dapat dijadikan solusi saat pandemi Covid-19.

Comment

Leave a Reply

News Feed