by

Mengenal Procesor Intel, ‘Otak’ Gadget & Komputer

Karibkerbat.com – Intel Corporation adalah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya.

Perusahaan yang memiliki karyawan 100,100 (2011) dengan CEO Robert Swan (21 Jun 2018–) berkantor Pusat di Santa Clara, California, Amerika, didirikan Gordon Moore, Robert Noyce.

Dalam beberapa gadget dan komputer yang digunakan saat ini processor merupakan salah satu pendukung yang paling penting dan memahami tingkatan processor intel akan sangat membantu.

Pertimbangan  mengetahui tingkatan processor sangat penting untuk mempertimbangkan kualitas gadget yang akan digunakan.

Memahami Tingkatan Processor Intel

Dalam sebuah gadget dan komputer, processor adalah pusat kendali dari berbagai kegiatan yang dilakukan komponen yang ada di dalamnya. Jadi bisa dikatakan, processor ini adalah otak dari komputer atau gadget yang digunakan.

Processor ini juga berguna mengontrol jalannya semu siastem komputer yang akan menentukan seberapa cepat bisa menggunakan komputer atau gadget dalam membantu menyelesaikan pekerjaan dan kegunaannya masing-masing.

Processor kini hadir dalam bentuk chip yang sudah mencapai GHz yang merupakan hitungan kecepatan processor dalam mengolah data atau informasi yang ada di dalam komputer atau gadget.

Ada berbagai jenis processor dan salah satu yang juga sering digunakan adalah processor intel.

Mengenal Tingkatan Processor Intel

Ada beberapa tingkatan processor intel yang perlu anda perhatikan dengan baik untuk mengenali kualitas dari gadget yang akan digunakan yaitu :

Dimulai perkembangan intel pentium, pro processor, pentium II processor hingga pentium II xeon processor yang memang kebanyakan digunakan untuk pengolahan data audio dan grafik secara efisien
Intel core 2 quad Q6600 digunakan untuk yang membutuhkan kekuatan lebih dengan 2 core.

Intel core i3 dapat mengerjakan 4 kerja komputer sekaligus sehingga kecepatannya cukup maksimal untuk berbagai kebutuhan,
Intel core i5 dan i7 memberikan pengalaman 4 way dan 8 way dalam proses multitask dalam penggunaan komputer atau gadget.

Procesor Intel i9
Intel core i9 memiliki 6 core dengan kecepatan 2.8 GHz yang lebih hemat power

Setiap tingkatan processor intel memang memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga dengan memahaminya maka bisa mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan processor tersebut dalam gadget yang digunakan untuk pekerjaan.

Dalam ajang Computex 2019 di Taiwan, Intel meresmikan atsitektur Sunny Cove 10nm tersebut dalam prosesor Core Generasi ke-10 yang sebelumnya dikenal dengan kode nama Ice Lake.

Salah satu peningkatan Ice Lake dibandingkan prosesor Sky lake sebelumnya yaitu instruction per cycle yang lebih tinggi 18 persen.

Untuk aplikasi, performa yang dihasilkan diklaim lebih tinggi 30-40 persen. Bersama dengan prosesor Core generasi ke-10, Intel turut mengumumkan graphics engine Gen11 yang disebut memiliki kinerja 2x lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Fitur-fitur prosesor Intel Core Generasi ke-10, Ice Lake dengan proses fabrikasi 10nm. Peningkatan lain termasuk dukungan 4 konektor Thunderbolt 3 yang masing-masing diklaim memiliki kecepatan 4x USB 3, memori DDR4-3200 atau 4×32 LPDDR4X-3733, serta standar Wi-Fi 6 terbaru.

Tipe-tipe prosesor Ice Lake sendiri belum diumumkan, tapi bakal terdiri dari seri Core i3, i5, dan i7 seperti pendahulunya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tom’s Hardware.

Prosesor Ice Lake dimaksudkan untuk laptop serta perangkat portable lain yang mengedepankan ukuran tipis. Kemungkinan akan ada varian seri Y dan U yang hemat daya dengan TDP 9 watt, 15 watt, dan 25 watt.

Antara empat hingga empat inti CPU (dengan delapan thread) bisa ditanamkan di prosesor Ice Lake, berikut L3 cache hingga 8 MB. Sementara, kecepatan turbo boost bisa mencapai kisaran 4,1 GHz.

Comment

Leave a Reply

News Feed