by

RPK Peduli Korban Banjir di Jabodetabek

KaribKerabat.com – Hujan deras yang mengguyur Bekasi sejak dini hari (25/2) membuat puluhan permukiman penduduk tersebar di 10 kecamatan Bekasi terendam banjir.

Ketinggian air banjir bahkan hingga 1,5 meter. Wakil Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan bahwa curah hujan yang tinggi dan kiriman air dari hulu sungailah yang sebabkan genangan dan banjir disejumlah Kecamatan Bekasi.

Komplek Perumahan Duta Kranji dan Griya Bintara Indah tak luput dari kepungan banjir. Pemukinan di wilayah Kranji telah terendam banjir sejak subuh.

Banjir yang terjadi juga menyebabkan listrik di kawasan tersebut padam sejak pagi.

RPK
Rahmatan Pandu Kemanusian (RPK) Lembaga Kemanusiaan yang didirikan pada bulan Januari 2019 oleh Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Rahmatan Pandu Kemanusiaan disingkat RPK adalah Lembaga Kemanusiaan yang didirikan pada bulan Januari 2019 oleh Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Yayasan yaitu Bapak Erin Hendrian, S.H., M.M.

Kegiatan Yayasan berkaitan dengan bantuan korban bencana alam selama ini berjalan dengan baik dalam bentuk bantuan berupa barang maupun uang.

Dikarenakan keterbatasan SDM, dan akhirnya muncullah ide dan gagasan untuk membentuk divisi atau unit kerja untuk menangani bantuan bidang kemanusiaan dan pemberdayaan korban bencana alam.

RPK lahir sebagai bentuk kepedulian Yayasan akan pentingnya kebermanfaatan untuk sesama dalam tolong menolong antar umat manusia tanpa melihat ras, suku, bangsa dan agama, siapapun yang perlu pertolongan harus dibantu tanpa ada syarat dan ketentuan berlaku.

RPK dalam pengelolaannya menggunakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 sejak tahun 2011 sampai sekarang.

Kehadiran RPK di masyarakat diharapkan dapat membantu pemerintah menanggulangi korban bencana dan pasca bencana, serta bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan.

RPK langsung terjun ke lokasi banjir di wilayah Bintara XIV Duta Kranji, Duta Kranji dan Bukit Duri. Meski sudah surut, namun warga masih merasakan trauma atas musibah ini.

Semoga semakin banyak orang yang peduli untuk berbagi dengan sesame melalui Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur.

Comment

Leave a Reply

News Feed