by

Hari Kesehatan Mental, 3 Tips Agar “Waras” Saat Pandemi

KaribKerabat.com – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal 2020, memaksa sebagian besar orang untuk bekerja di rumah atau Work From Home (WFH).

Meski begitu, work from home dengan jangka waktu yang lama ternyata dapat memengaruhi kesehatan mental kita.

Di beberapa kasus, rasa kesepian, kecemasan, mudah marah hingga depresi sangat mungkin melanda orang yang work from home.

Meski Work From Home, kesehatan mental tetap harus dijaga diantaranya tetap terhubung dengan orang lain.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober tahun ini adalah meningkatkan investasi dalam kesehatan mental.

Ada beberapa kiat sederhana dan praktis menjaga kesehatan mental saat WFH selama pandemi.

  1. Selalu terhubung dengan orang lain.

WFH yang merupakan upaya isolasi mandiri bisa jadi merupakan hal sulit bagi orang yang bekerja mandiri.

Koneksi adalah salah satu kuncinya, dan ini bisa menjadi tantangan berat ketika tidak meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, ingatlah untuk selalu terhubungan dengan teman dan keluarga, meskipun hanya dilakukan melalui aplikasi panggilan Zoom atau video call.

Selalu mengirim pesan teks kepada seseorang yang Anda sayangi, bisa pasangan, keluarga ataupun sahabat-sahabat sekitar Anda

2. Miliki rutinitas dan selalu konsekuen menjalankannya

Disiplin kkepada rutinitas sehari-hari tidak berarti Anda harus mematuhi standar lama jam kantor dan hanya mengambil waktu istirahat di malam hari saja.

Ini menandakan bahwa Anda memiliki sistem untuk bangun tepat waktu, bersiap-siap, merasa pede, dan dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Jika Anda melakukan hal ini secara teratur, ini terasa lebih alami setiap waktu ke waktu, dan Anda tidak perlu terlalu merasa terbebani.

Dengan mematuhi rutinitas yang Anda buat, memastikan tugas terpenting Anda selalu selesai tepat waktu dan tidak menunda untuk tugas lainnya.

3. Masukkan beberapa aktivitas fisik dalam rutinitas

Salah satu keuntungan terbesarbekerja dari rumah adalah Anda dapat melakukan hal-hal yang mungkin tidak dapat dilakukan di kantor.

Jadi agar tidak mengalami kejenuhan, bergeraklah dan lakukan beberapa gerakan fisik untuk olahraga.

Sebelum bekerja, Anda dapat memulai selama 20 menit berjalan-jalan di sekitar rumah sambil dengarkan musik atau mencari tempat yang nyaman untuk duduk

Kemudian lakukan pernapasan dalam, maka akan melihat bahu rileks dan tubuh Anda terasa lebih ringan.

Terlepas dari hal itu semua, ingatlah bahwa work from home adalah bentuk “normal baru”, semakin cepat kita membiasakan diri dan beradaptasi dengan apa yang membuat Anda lebih produktif, bugar, dan sehat secara mental, itu akan membuat Anda semakin baik.

Comment

Leave a Reply

News Feed