by

Meski di Rumah, Ini Kiatnya Agar Tetap Produktif Kerja

Karibkerabat.com – WHO sudah menetapkan pandemic virus Corona. Beberapa negara di dunia tidak merekomendasikan orang berkumpul dalam jumlah banyak.

Bahkan liga sepakbola elit dunia, Primer League akan bertanding tanpa penonton.

Lalu bagaimana dengan Anda? Yang harus selalu masuk kerja dan menggunakan transportasi umum? Kerja dari rumah mungkin bisa dijadikan solusinya, berikut kiatnya :

1. Buat ruang kerja khusus

Jika tidak ada tempat/ruangan khusus, setidaknya ada meja yang dikhususkan untuk tempat kerja. Ini akan membuatmu tetap nyaman dan merasa di tempat kerja, bukan lagi di rumah.

Kerja di rumah
Ciptakan ruangan kerja khusus agar produktifitas kerja  tetap terjaga

2. Pastikan peralatan penunjang kerja

Kabel dan papan tulis serta printer merupakan peralatan minim yang harus tersedia, apalagi jika pekerjaan kita berkaitan dengan online, maka jaringan internet wajib ada dirumah.

3. Singkirkan benda-benda yang dapat mengganggu

Agar lebih fokus dalam bekerja dengan suasana rumah, kita harus juga menyingkirkan benda dan peralatan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kita.

4. Atur jam kerja

Meski tak ada bos atau mesin absensi kehadiran, tetap selalu buat jam kerja dan jam istirahat yang baku. Ini membantu kamu tidak mudah tergiur mengerjakan hal-hal lain di luar pekerjaan, juga tetap harus ingat kapan untuk istirahat.

5. Tetapkan target harian

Buatlah daftar pekerjaan sesuai dengan skala prioritas yang akan kamu kerjakan. Ini membantumu agar dapat mengukur seberapa produktif dalam bekerja.

6. Tetap mandi dan berpakaian rapi

Nah, ini mungkin terdengar agak lucu ya? Tapi dengan tetap mandi dan berpakaian rapi membuat kita merasakan susana kerja, bukan lagi santai di rumah. Mandi juga membuatmu tetap bersih dan terjaga dari virus.

7. Manfaatkan aplikasi online

Email, video conference, slack, dan whatsapp serta aplikasi pengantaran online akan membantu tim dapat bekerja sama dengan baik.

8. Tetap relevan belajar di kelas online

Meski kerja di rumah, Anda tetap bisa meningkatkan skill. Kini ada banyak kursus-kursus online dengan berbagai topik.

Comment

Leave a Reply

News Feed