by

Puasa Bisa Bantu Bersihkan Ginjal, Ini Penjelasannya

KaribKerabat.com – Puasa memiliki banyak efek kesehatan. Detoksifikasi tubuh, meningkatkan fungsi jantung, dan menurunkan tekanan darah dan gula darah hanyalah sebagian kecil dari manfaatnya.

Berikut ini penjelasan selangkapnya.

Organ seperti hati, ginjal, dan getah bening bekerja keras setiap hari untuk menghilangkan dan menetralkan kontaminan yang masuk ke dalam tubuh, serta menjaga keamanan sel.

Puasa akan menurunkan masuknya racun ke tubuh. sehingga organ tubuh akan istirahat.

Ginjal dapat membantu menghilangkan natrium dan kontaminan dari tubuh saat tubuh terhidrasi dengan baik

Akibatnya, puasa memiliki konsekuensi jangka panjang bagi kesejahteraan seseorang. Puasa memberikan sejumlah efek kesehatan, termasuk kesehatan jantung, manajemen tekanan darah, kontrol gula darah, dan penurunan berat badan.

Tentunya, Anda hanya bisa mendapatkan keuntungan tersebut jika mengonsumsi makanan yang seimbang dan menjalani pola hidup sehat saat berpuasa.

Perbandingan ginjal yang sehat dan kanker ginjal

Apa efek puasa pada ginjal?

Dalam hal mengoptimalkan fungsi ginjal, puasa tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat lebih lanjut menjelaskan bahwa puasa akan menyebabkan sedikit penurunan fungsi ginjal, tetapi ini tetap dipertahankan dalam nilai referensi.

Manfaat puasa lebih mendasar dalam hal mengurangi stres oksidatif, berat badan, dan tekanan darah.

Kemudian, dalam hal mencuci ginjal, hidrasi itu penting. Ginjal dapat membantu menghilangkan natrium dan kontaminan dari tubuh saat tubuh terhidrasi dengan baik. Salah satu cara terpenting untuk mencegah batu ginjal adalah minum banyak air.

Puasa bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Puasa, seperti yang dikatakan sebelumnya, dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini ditunjukkan dalam survei yang dilakukan di The American Journal of Cardiology pada Juni 2012, yang meneliti rutinitas 200 pria dan wanita.

Akibatnya, orang yang berpuasa sebulan setiap tahun memiliki peluang gagal jantung 58% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Tentu saja, ini setelah hal-hal seperti usia, status merokok, dan tekanan darah tinggi telah diperhitungkan.

Dalam studi yang lebih kecil yang dilakukan pada November 2013 di jurnal Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Diseases oleh tim Horne, para ilmuwan menganalisis beban darah yang berbeda pada 30 orang dewasa sehat setelah satu hari berpuasa, selain mengatur gula darah.

Mereka bahkan mendapat hari di mana mereka makan dengan normal.

Puasa menghasilkan peningkatan 4,7 kali lipat dalam hormon pertumbuhan manusia (HGH) pada wanita dan peningkatan 13,6 kali lipat dalam HGH pada pria, di antara perubahan lainnya.

HGH mempertahankan massa otot tanpa lemak sekaligus mendorong tubuh untuk menghilangkan lemak.

Lemak yang terkandung dalam sel lemak dimetabolisme dan digunakan sebagai makanan saat berpuasa.

Akibatnya, Anda akan memiliki lebih sedikit lemak di tubuh Anda dari waktu ke waktu, yang akan menyebabkan berkurangnya resistensi insulin dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah di kemudian hari.

Itulah sekilas manfaat puasa bagi kesehatan.

Comment

Leave a Reply

News Feed