by

Ini Langkah Antisipasi Tertular Virus Corona

Karibkerabat.com – Wabah virus corona yang telah melanda berbagai negara didunia telah ditetapkan sebagai pandemik global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO)

Pandemik menurut WHO adalah penyakit baru yang menyebar secara global. Di Indonesi sendirj berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, hingga Selasa (17/3), tercatat 172 kasus positif corona, 9 dinyatakan sembuh, dan 5 meninggal dunia.

Gejala COVID-19 sangat mirip dengan gejala flu atau pilek, maka penting sekali untuk tidak langsung tergesa mengambil kesimpulan.

Tutupi batuk dan bersin dengan tisu atau pakaian bersih.

Apabila orang terdekat maupun Anda menunjukkan gejala tersebut disarankan asegergara menghubungi layanan medis terdekat atau melalui hotline Kementerian Kesehatan di 021-5210411 dan 0812-1212-3119.

Berikut ini upaya yang dapat dilakukan guna mengurangi sebaran dan mencegah  terinfeksi virus corona:

  • Mengurangi Interaksi

Sebagai orang awam, kita kesulitan untuk memastikan orang di sekitar sudah terinfeksi virus corona atau belum. Oleh karena itu, sebelum epidemi berakhir, perlu menghindari interaksi secara dekat dengan penderita infeksi pernapasan akut.

  • Cek Kesehatan

Apabila Anda maupun keluarga tekah usai melakukan perjalanan dari luar negeri, penting sekali memeriksakan kesehatan ke instansi kesehatan terdekat. Hal ini menimalisir keterlambatan  penanganan dan penyebaran virus.

  • Cuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah kontak langsung dengan orang sakit atau lingkungan. Dianjurkan mencuci minimal 20 detik lamanya menggunakan sabun dan bawa hand sanitizer ke mana pun berpergian.

  • Hindari peternakan atau hewan liar

Usahakan hindari kontak dengan peternakan atau hewan liar. Seperti yang telah diketahui bersama, hewan menjadi penular virus ke manusia, dan menularkan virus ke sesama hewan lainnya.

  • Perhatikan etika batuk

Orang yang dengan gejala infeksi pernapasan akut wajib berlatih etika batuk (pertahankan jarak, tutupi, batuk dan bersin dengan tisu atau pakaian sekali pakai, dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun.

  • Jangan berpergian ke luar negeri

Jangan pernah melakukan perjalanan ke negara China maupun negara yang sudah terinfeksi hingga epidemi secara global benar-benar mereda.

  • Jangan menyentuh wajah

Menyentuh wajah bisa menyebabkan terinfeksi virus corona karena kemungkinkan kuman di tangan mencapai jaringan permukaan yang lembab dan berpori tempat kuman masuk ke tubuh.

  • Dirumah saja

Sejumlah kota di Indonesia sudah meliburkan kegiatan publik dan sekolah seperti kota Jakarta, Semarang dan Surakarta yang memberlakukan KLB (Kejadian Luar Biasa).

Isoasi diri dirumah jika mengalami gejala flu samapi sembuh
  • Isolasi diri

Dengan tinggal di rumah, jika merasa tidak sehat dengan gejala ringan seperti sakit kepala, demam ringan (37,3 C atau lebih) dan sedikit hidung berair, sampai pulih kembali.

  • Kenakan masker

Untuk menghindari  tertular dan menulari orang lain ketika terpaksa harus berinteraksi dengan orang lain.

  • Hindari kontak dengan orang lain

Jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan napas, segera dapatkan bantuan medis karena ini bias jadi  disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi penyakit serius lainnya.

Hubungi dan beri tahu instansi kesehatan tentang perjalanan atau kontak terbaru dengan penderita virus corona sebelumnya

Telepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan akan dengan cepat mengarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan membantu mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 dan virus lainnya.

Comment

Leave a Reply

News Feed